Pembersihan Saluran Air di Kampung Garapan, Koramil 01/Tln Dan Warga Gotong Royong Bersama

TIGARAKSA, Karonesia.com – Pembersihan saluran air dilakukan secara intensif di Kampung Garapan Rt 005 / RW 010 Desa Muara Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, pada Rabu (13/12/2023). Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah timbulnya wabah penyakit nyamuk demam berdarah dan menghindari penyumbatan saluran air di wilayah Koramil 01/Teluk Naga Dim 0510/Trs.

Kegiatan ini melibatkan personil Koramil 01/Tln yang dipimpin oleh Peltu Sukoyo, bekerja sama dengan Satpol PP dan warga sekitar.

Peltu Sukoyo menjelaskan bahwa tujuan dari karya bakti ini adalah membersihkan saluran air penghubung dari rumah-rumah warga menuju sungai. “Dengan melakukan hal ini, diharapkan tidak akan terjadi penyumbatan saat hujan turun dan mengalir ke sungai.”katanya.

“Dengan adanya kegiatan pembersihan saluran air di Kampung Garapan ini, diharapkan wilayah tersebut menjadi lebih aman dan terhindar dari risiko banjir akibat saluran yang tersumbat dan juga mencegah penyebaran penyakit yang dapat membahayakan kesehatan masyarakat.” ungkapnya.

Sementara itu, Danramil 01/Tln Mayor Heru Susanto menjelaskan, pembersihan saluran air juga secara langsung berhubungan dengan mencegah penyebaran penyakit nyamuk demam berdarah. “Seiring dengan musim hujan, risiko peningkatan populasi nyamuk akan semakin tinggi. Oleh karena itu, kegiatan pembersihan saluran air ini sangat penting untuk mengurangi habitat nyamuk dan menghindari penyebaran penyakit yang berbahaya bagi kesehatan masyarakat.” jelas Danramil.

Ditambahkannya, personil Koramil 01/Tln, Satpol PP, dan warga sekitar bekerja dengan semangat serta gotong royong untuk menyelesaikan tugas ini. Mereka membersihkan saluran air dari sampah-sampah atau benda-benda yang dapat menyebabkan penyumbatan seperti daun, ranting, dan plastik.

Diutarakan Danramil, melalui kegiatan ini, diharapkan kualitas air yang mengalir menjadi lebih baik dan mampu mengalir dengan lancar menuju sungai.

“Dengan adanya kegiatan pembersihan saluran air di Kampung Garapan ini, diharapkan wilayah tersebut menjadi lebih aman dan terhindar dari risiko banjir akibat saluran yang tersumbat dan juga mencegah penyebaran penyakit yang dapat membahayakan kesehatan masyarakat. Semoga kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi komunitas lainnya untuk berpartisipasi dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar demi kesehatan dan kesejahteraan bersama.” pungkas Mayor Heru Susanto.(#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *