Peringati Hari Ibu 2023, Srikandi BUMN Dukung Employee Well-Being Concern

JAKARTA, Karonesia.com – Peringati Hari Ibu 2023, Srikandi BUMN menggelar kegiatan inspiratif yang mengusung tema “Kesehatan, Kebahagiaan, dan Keseimbangan Pekerja di BUMN” diselenggarakan di Graha Pertamina Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Rabu (13/12/2023) dan dihadiri ± 500 Srikandi BUMN.

Menteri BUMN Erick Thohir dalam sambutannya menyatakan bahwa Kementerian BUMN sangat memperhatikan kesejahteraan karyawan BUMN karena faktor ini sangat mempengaruhi produktivitas, motivasi, kepuasan, dan keterikatan karyawan dengan perusahaan.

“Karyawan yang bahagia dan sejahtera sangat mempengaruhi kinerja dan produktivitas mereka, yang secara tidak langsung akan mempengaruhi pertumbuhan kinerja perusahaan
yang berkelanjutan.” Ungkap Erick

Menteri BUMN juga menyampaikan bahwa saat ini sudah tercapai 22% kepemimpinan perempuan di level BOD dari target 25%, karena itu, Ia menekankan pentingnya keberagaman kepemimpinan di jajaran BOD. Terbukti penambahan 10% kepemimpinan perempuan dijajaran BOD dapat meningkatkan 3,5% laba kotor perusahaan.

Menurutnya, kesejahteraan karyawan BUMN diusulkan bersifat komprehensif meliputi kesehatan fisik, mental dan finansial beserta sarana pendukungnya. Hal ini diwujudkan dalam tindakan nyata melalui dukungan Employee Well-Being Concern, sebuah inisiatif yang akan memberikan landasan kuat bagi perusahaan dan organisasi BUMN dalam meningkatkan kualitas hidup karyawan.

Ia menjelaskan bahwa, kebijakan ini mencakup berbagai aspek, mulai dari program kesehatan dan kebugaran hingga dukungan kesehatan mental, serta kebijakan keseimbangan kerja dan kehidupan pribadi.

“Employee Well-Being Concern bertujuan untuk menciptakan lingkungan kerja yang mendukung kesejahteraan karyawan secara menyeluruh. Untuk itu, melalui implementasi kebijakan ini, diharapkan dapat meningkatkan kepuasan kerja, mengurangi tingkat stres, serta risiko kesehatan yang mungkin dihadapi oleh para pekerja.

“Selain manfaat langsung bagi karyawan, kebijakan diarahkan untuk membantu perusahaan mempertahankan karyawan yang berkinerja tinggi. Employee Well-Being Concern diharapkan dapat menjadi pilar utama dalam menciptakan budaya kerja yang positif dan berkelanjutan di seluruh BUMN.”tambahnya.

Sementara itu, Ketua Srikandi BUMN Tina Kemala Intan menyampaikan
apresiasi peran ibu dalam membangun keluarga dan masyarakat serta kontribusinya dalam pembentukan generasi penerus bangsa.

“Bersama Kementerian BUMN, para Srikandi BUMN juga mendorong penguatan komitmen peningkatan kesejahteraan karyawan atau employee well-being, yang diharapkan
mendukung peningkatan pertumbuhan kinerja BUMN.” ungkapnya.

Diutarakannya, mendukung sebuah kebijakan yang progresif terkait Employee Well-Being, membuat para perempuan di lingkungan BUMN tidak ada diskriminasi dan lebih produktif dalam berkarier di perusahaan.

“Kebijakan ini harus menjadi pilar utama dalam menciptakan budaya kerja yang positif dan berkelanjutan di seluruh BUMN. ” ucapnya.

Harapannya, peringatan Hari Ibu ini tidak sekadar merayakan, tetapi juga menjadi landasan bagi komitmen bersama dalam meningkatkan kesejahteraan dan keseimbangan hidup para pekerja BUMN.

Dalam acara tersebut, dirangkai berbagai kegiatan inspiratif seperti sharing session dengan tema “Peran Srikandi Dalam Mendorong Well-being di BUMN” yang diisi oleh para pembicara terkemuka seperti, Tsamara Amany Alatas (Women Empowerment), Erika, dr., Sp. Jp. FIHA; Rian Kaslan (SEVP Digital Business BNI) – fokus pada Sehat Finansial; Dian Sovana (Ketua Srikandi PT Brantas Abipraya) untuk memberikan wawasan tentang Implementasi di BUMN yang akan dipandu langsung oleh Sri Ainin Muktirizka (Direktur SDM dan Hukum ASABRI).

Selain itu, talk show “Kesehatan,Kebahagiaan, dan Keseimbangan Pekerja di BUMN” dengan narasumber seperti Willy Salean Direktur Human Resources
Unilever – Implementasi EWP di Unilever, dan Diah Kurniawati Direktur Keuangan Pertamina International Shipping, Ketua I PERTIWI Pertamina – Implementasi EWP di Pertamina, serta Kun Listyaningsih Cerdas Investasi, dan dipandu oleh Widodo Yudhiarto Direktur Yayasan Kesehatan Pertamina.(#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *