Korem 052 Wijayakrama Gelar Upacara Peringati Hari Juang TNI AD Ke-78

TANGERANG, Karonesia.com – Korem 052 Wijayakrama menggelar upacara peringatan Hari Juang TNI AD Ke-78 pada tanggal 15 Desember 2023 dengan Inspektur upacara Kasrem 052/Wkr, Kolonel Inf Dr. Indarto Kusnohadi, S.IP., S.H., M.H., M.M. yang dilaksanakan di Lapangan Makorem, Jalan Boulevard Diponegoro, Kelurahan Bencongan, Kabupaten Tangerang, Jumat (15/12/2023).

Dalam sambutannya, Kasrem membacakan amanat dari KASAD dan mengucapkan selamat pada segenap prajurit dan Pegawai Negeri Sipil TNI-AD serta keluarga mereka atas pengabdian selama ini. Kasrem menuturkan bahwa Hari Juang TNI AD memiliki makna yang mendalam, yaitu mengenang perjuangan para pahlawan yang sudah rela mempertaruhkan jiwa dan raganya untuk mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa.

Kasrem menambahkan bahwa momen Pertempuran Ambarawa menjadi salah satu poin penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Keberanian dan keteguhan Jenderal Sudirman yang memimpin pasukan di tengah kondisi sakit menjadi inspirasi bagi banyak orang.

“Tema Hari Juang TNI AD kali ini adalah “TNI Bersama Rakyat Bersatu dengan Alam untuk NKRI”. Tema ini bermakna bahwa kemanunggalan TNI AD dengan Rakyat serta peran aktif dalam pelestarian alam harus terus diperkuat. Kemanunggalan TNI AD dengan Rakyat dianggap kunci keberhasilan dalam menghadapi tantangan global saat ini, seperti perang asimetris, perubahan iklim, dan konflik sosial.” jelasnya.

“TNI AD harus terus meningkatkan kemampuan di segala bidang, baik personal, alutsista maupun doktrin agar siap menghadapi berbagai ancaman yang semakin kompleks. Selain itu, lembaga militer ini juga harus aktif dalam upaya pelestarian alam, seperti memperkuat upaya pencegahan dan penanggulangan bencana alam, restorasi ekosistem, dan memberikan edukasi lingkungan.” terangnya.

Ia mengajak seluruh warga negara Indonesia untuk bersama-sama mengaktifkan semangat Hari Juang TNI AD. Bersama-sama memperkuat kemanunggalan TNI AD-Rakyat, meningkatkan kemampuan dan berperan aktif dalam pelestarian alam adalah tugas bersama yang harus diemban.

Kasrem menegaskan tujuan utama Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur harus diwujudkan dengan bersama-sama. Lebih penting lagi mengingat terjadinya tahun politik pada tahun 2024.

“Untuk itu, meminta seluruh personel TNI untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kerawanan dan tetap membawa niat positif sebagai warga negara yang bertanggung jawab.” tutup Kasrem. (#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *