Program Urban Farming “Pangan Kuat, Masyarakat Sehat” Koramil 07 Pondok Aren, Solusi Ketersediaan Pangan

Tangerang Selatan, Karonesia.com –  Pentingnya memastikan ketersediaan pangan dalam jumlah yang cukup merupakan salah satu prioritas utama bagi suatu negara. Oleh karena itu, kegiatan urban farming atau pertanian perkotaan kini semakin populer di kalangan masyarakat sebagai salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan pangan.

Salah satu contoh program urban farming yang inovatif dilakukan oleh Koramil 07/ Pondok Aren,Kodim 0506/Tangerang yang mengimplementasikan konsep “Pangan Kuat, Masyarakat Sehat” dengan memanfaatkan lahan sempit dan bahan bekas sebagai media tanam.

Di kegiatan itu,  Danramil 07/Pdk Aren Mayor Arm Sidik Abriyanta mengikuti Vicon secara langsung bersama Pangdam Jaya/Jayakarta.

“Meskipun lahan yang tersedia sangat terbatas, kita menggunakan teknik bertanam vertikal dan hydroponik yang efektif dalam memaksimalkan pemanfaatan ruang. Tak hanya itu, bahan bekas seperti botol bekas, ban bekas, dan ember bekas juga dimanfaatkan sebagai media tanam yang ramah lingkungan.” kata Danramil kepada media, Jumat (24/11/2023).

Dikatakannya, melalui program urban farming ini, tidak hanya tercipta ketersediaan pangan yang lebih baik, namun juga sekaligus mengedukasi masyarakat sekitar untuk mengonsumsi produk pangan yang sehat dan ramah lingkungan. “Tentu saja, partisipasi aktif dari masyarakat sangat diperlukan untuk menjaga kelangsungan keberhasilan program tersebut.” jelasnya.

Ia menambahkan, selain manfaatnya yang terlihat jelas, kegiatan urban farming juga memiliki dampak positif pada aspek sosial dan lingkungan. Penggunaan teknik bertanam vertikal dan hydroponik yang dilakukan oleh program “Pangan Kuat, Masyarakat Sehat” memungkinkan tanaman-tanaman ditanam tanpa mengganggu fungsi lahan yang ada di sekitarnya.

“Kita juga pemanfaatan dan penggunaan bahan bekas sebagai media tanam, program ini juga turut membantu mengurangi jumlah sampah yang berasal dari bahan-bahan tersebut. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan dan mendorong masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungannya.” jelasnya.

Secara keseluruhan, program “Pangan Kuat, Masyarakat Sehat” Koramil 07/Pondok Aren, Kodim 0506/Tangerang merupakan salah satu inovasi dan kreativitas dalam upaya menyediakan pangan yang sehat, berkualitas, dan ramah lingkungan.

“Kegiatan ini bukan hanya memungkinkan ketersediaan pangan dalam jumlah yang cukup, namun juga memberikan dampak yang sangat positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. “Pungkas Mayor Arm Sidik Abriyanta.

Hadir dalam kegiatan itu, Danramil 07/Pdk Arena Mayor Arm Sidik Abriyanta, Bati Wanmil Peltu Agus Supriyadi, Staf Ter Kodim 0506/Tgr Sertu Irawan E, Kasie Kesos Kelurahan Perigi Baru Ibu Wulan, Binamas Kel Parigi Baru Aipda Dwi Siswanto, Ibu Persit KCK dan jajaran Koramil 07/Pdk Aren.(#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *