Peringatan Nuzulul Qur’an Koramil 02 Matraman, “Bersama Bumikan Al-Qur’an Disetiap Langkah Kehidupan”

KARONESIA.com, Jakarta Timur –  Danramil Matraman Mayor Arm Ahmad Budiman, S.Sos.,M.Si., bersama Forkopimcam menggelar peringatan Nuzulul Qur’an di Masjid Jami Baiturrahim Koramil 02 Matraman, Jl Utan Kayu Raya No.14, RW.15, Kel Utan Kayu Utara, Kec, Jakarta Timur, Rabu (27/03/2024).

Di kegiatan ini dihadiri para jamaah warga sekitar Koramil Matraman, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, para Ketua Ormas, dan insan pers, Rabu (27/03/24).

Usai melaksanakan sholat Ashar berjamaah, para jamaah mendengarkan kultum agama yang disampaikan Danramil 02/Matraman Mayor Arm Ahmad Budiman, bahwa Allah Subhanahu Wata’ala berfirman dalam Q.S. Al-Qadr: 1-3 yang artinya “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam qadar. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu, Malam kemuliaan itu lebih baik dari pada seribu bulan”.

Malam 17 Ramadhan adalah istimewa karena di dalamnya ada tiga kejadian sejarah besar Islam, yaitu malam diturunkannya Al Qur’an, hari ini terjadi perang badar pasukan muslim melawan kaum kafir Quraisy, dimana 300 tentara kaum muslimin bisa menang melawan 1000 orang kaum kafir Quraisy dan hari dimana Siti Aisyah r.a. wafat.” jelas Danramil. 

Baca Juga :  Bersama Pangdam IV/Diponegoro, Danrem 072/Pamungkas Resmikan Masjid Al-Arif

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan pembacaan Al Qur’an oleh Juara III Qori Internasional KH. Abdul Karim. Jelang memasuki waktu berbuka , seluruh yang hadir melaksanakan buka puasa bersama dan sholat Magrib berjamaah serta Santunan Anak Yatim. Usai santunan dilaksanakan sholat Isya berjamaah dan penyampaian Kultum tarawih Oleh KH. Chundlory.LC, dilanjut dengan Sholat Taraweh dan witir berjamaah.

Dalam ceramahnya, ia menyampaikan Nuzulul Quran merupakan peristiwa turunnya Al-Quran dari tempat yang tinggi (Lauful Mahfuz) ke bumi.

“Turunnya Al-Quran ini tidak ada keraguan langsung dari Allah yang Maha Mulia, diperantarai oleh Malaikat Jibril yang paling mulia dan turun kepada Nabi yang paling mulia,” jelasnya.

Diutarakannya bahwa, malam Nuzulul Quran yang diperingati setiap 17 Ramadhan memiliki banyak sekali keistimewaan. Hal ini yang membuat Nuzulul Quran lebih istimewa dibandingkan malam-malam lainnya.

Baca Juga :  Jumat Bersih, Babinsa Koramil Matraman Bersama Warga Bersihkan Masjid

“Semoga dengan peringatan Nuzulul Qur’an dapat menjadikan Ramadhan 1445 H tahun 2024 ini menjadi penuh berkah dan menjadikan generasi milenial (Remaja Masjid Jami Baiturrahim) yang cinta Al-qur’an serta meneladani akhlak Rasulullah shalallahu alaihi wasallam,” ucapnya.

Nuzulul Qur’an ini, diakhiri dengan tadarusan serta khataman Al-Qur’an sampai pukul 22.30 WIB. Melalui kegiatan ini, diharapakan menjadi sarana Binter Koramil 02 Matraman untuk semakin dicintai masyarakat.(@2024/lingga)

Sumber Kodim 0505/Jakarta Timur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *