Korem 071 Wijayakusuma Tanam Cemara Laut Di Hari Juang TNI AD Dan Hari Menanam Pohon Sedunia

CILACAP, Karonesia.com – Korem 071 Wijayakusuma berkolaborasi dengan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah Wilayah VI melestarikan kawasan wisata pantai Widarapayung di Desa Binangun Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap dengan penanaman ribuan pohon penghijauan Cemara Laut. Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD yang ke-78 di kawasan wisata pantai Widarapayung, Desa Binangun, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap, Kamis (14/12/2023).

Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Czi Mohammad Andhy Kusuma, S.Sos., M.M., M.Han., dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kasrem 071/Wijayakusuma Letkol Inf Catur Irawan, S.I.P., M.I.P. mengatakan, penanaman ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD yang ke-78 dan hari menanam pohon sedunia tahun 2023.

“Tujuan dari penanaman pohon ini adalah untuk mendukung kelestarian lingkungan hayati di kawasan pantai Widarapayung agar tercipta lingkungan yang asri, sehat dan indah, serta sebagai upaya antisipatif terhadap terjadinya bencana alam.” ujarnya.

Disampaikan bahwa, penanaman pohon Cemara Laut ini juga diharapkan dapat membantu dalam menjaga keberlanjutan ekosistem dan kesehatan lingkungan. Selain itu, pembangunan yang dinamis dapat membawa dampak negatif seperti pencemaran lingkungan, berkurangnya kawasan hijau, dan kerusakan habitat yang dapat berdampak pada perubahan ekosistem, iklim yang ekstrim, dan bencana alam.

“Oleh karena itu, perbaikan kondisi ekosistem dan perlindungan lingkungan hayati ini harus dilakukan secara bersama-sama.” tambahnya.

Menurutnya, kawasan hijau memiliki peran penting dalam pengaturan tata ruang lingkungan yang sehat, tata ruang air, dan pencegahan bencana alam. Selain itu, kawasan hijau juga menjadi modal dasar pembangunan sebagai sumber plasma Nutfah dan sebagai sistem penyangga kehidupan.

“Oleh karena itu, pelestarian kawasan hijau bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga menjadi tanggung jawab seluruh komponen masyarakat.”jelasnya.

Diharapkan Danrem, dengan penanaman 3.000 pohon Cemara Laut ini, masyarakat akan lebih bertanggung jawab dalam mengelola dan memanfaatkan lahan untuk penghijauan demi kelestarian alam dan lingkungan hidup, terutama di kawasan wisata pantai Widarapayung.

Selain kegiatan penghijauan, dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD ke-78, Korem 071/Wijayakusuma juga melaksanakan bakti sosial untuk menyantuni veteran, warakawuri, dan anak yatim piatu.

Bakti sosial ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan soliditas dan solidaritas rasa kebersamaan dengan veteran, warakawuri, dan anak yatim serta sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan uluran tangan dan kasih sayang. (#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *