Kasum TNI Hadiri Apel Siaga Bawaslu di Silang Monas Jakarta Pusat

Jakarta, Karonesia.com – Ketua Bawaslu Rahmat Bagja memimpin Apel Siaga Bawaslu di Lapangan Silang Monas Jakarta Pusat, Minggu (26/11/2023). Apel ini diikuti oleh Bawaslu Provinsi, Kabupaten dan Kota seluruh Indonesia, serta dihadiri oleh Kepala Staf Umum TNI Letnan Jenderal TNI Bambang Ismawan, S.E., M.M., dan sejumlah pejabat terkait.

Apel Siaga Bawaslu bertujuan untuk mempersiapkan pengawasan tahapan kampanye Pemilu 2024 yang akan dimulai pada tanggal 28 November 2023. Bawaslu telah membentuk Tim Pengawasan Tahapan Kampanye di seluruh tingkatan jajaran Bawaslu, mulai dari tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota.

Tim ini bertugas untuk memastikan peserta Pemilu mentaati peraturan terkait penyelenggaraan Pemilu yang termuat dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017.

Rahmat Bagja mengingatkan peserta Pemilu untuk mengenali dan menghindari potensi dan pelanggaran saat kampanye guna mencegah adanya kecurangan dalam pemilu tahun 2024.

“Kita harus menjaga integritas Pemilu agar tidak tercemar oleh praktik-praktik yang bertentangan dengan nilai-nilai demokrasi,” katanya.

Ia juga mengajak semua jajarannya untuk melaksanakan tugas pengawasan Pemilu dengan sebaik-baiknya. Ia menyebut bahwa Bawaslu adalah sahabat dan kawan seperjuangan yang akan mengawal demokrasi di Indonesia.

“Pemilu ke-6 setelah proses demokratisasi/Orde baru, saya yakin Bapak Ibu disini adalah orang-orang terbaik, saksikan Republik Indonesia bahwa kawan seperjuangan saya ini, jiwa pun bila diminta oleh Republik ini akan kita berikan. Terimakasih kawan-kawan, sahabat semua, semoga kita bisa menyaksikan perjalanan demokrasi dan mengawal demokrasi yang lebih baik lagi,” ucapnya.

Acara Apel Siaga Bawaslu ditutup dengan penampilan tari Nusantara “Indonesia Satu” oleh Sanggar Tari Ostar Dance Manajemen dan Angel Percusion. Tari ini dibawakan oleh 30 penari dari berbagai pulau yang ada di Indonesia, yang menggambarkan keanekaragaman Indonesia yang dibalut dalam Persatuan Indonesia. Tari ini merupakan perpaduan 8 unsur daerah meliputi Jawa, Bali, Aceh, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan dan Papua.

Turut hadir Bapak Dewantoro mewakili Mendagri, Kabareskrim Polri, Komjen Pol Drs. Wahyu Widada, Deputi Bidang Kordinasi Politik Dalam Negeri, Mayjen TNI Heri Wiranto, Asisten Deputi Pengelolaan Pemilu dan Penguatan Parpol, Brigjen TNI Heri Wiranto, Seluruh Ketua dan Anggota Bawaslu se-Indonesia dan para undangan.(#).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *