Hadiri HUT Megantara Edupark Ke-1, Danramil 08/Pml: Menghargai Keberagaman Agama Untuk Mempertahankan Persatuan Bangsa

Tangerang Selatan, Karonesia.com – Di masa politik saat ini, menjaga kerukunan umat beragama menjadi semakin penting untuk memastikan persatuan dan kesatuan bangsa tetap terjaga. Keberagaman Indonesia, termasuk dalam agama, adalah salah satu kekayaan yang harus dijaga bersama.

Hal tersebut disampaikan oleh Komandan Koramil 08/Pamulang, Mayor Chb Sutisna, saat menghadiri perayaan HUT Megantara Edupark ke-1, yang berlangsung di Jalan Dr. Setiabudi RT 03/16, Kelurahan Pamulang Timur, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, pada Rabu (15/11/2023) malam pukul 19.30 WIB.

Acara tersebut dihadiri oleh Romo Petrus Cipto Nugroho, SCJ Ketua Megantara, Mayor CHB Sutisna Danramil 08/Pml, Peltu Andi P Batih TUUD Koramil 08/ Pml, Aipda Ismail Bhabinkamtibmas, Bapak Ismul Ketua RW 16, Anggota Koramil 08/ Pamulang, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Agama, yang berkumpul untuk merayakan ulang tahun Megantara Edupark yang ke-1.

Baca Juga :  Pasi Ren Kodim 0506/Tgr Apel Kehormatan dan Tabur Bunga

Mayor CHB Sutisna dari Koramil 08/Pamulang, Kodim 0506/Tangerang, menegaskan bahwa pihaknya tetap berkomitmen untuk menjaga kerukunan umat beragama di wilayah teritorialnya khususnya di tengah masyarakat saat ini.

“Menjaga kerukunan umat beragama dalam persatuan dan kesatuan bangsa, perlu untuk diprioritaskan mengingat perbedaan agama dan keyakinan dapat memicu konflik dan perpecahan jika tidak ditangani dengan benar. Oleh karena itu, para tokoh agama dan masyarakat diharapkan dapat bersinergi dan menjaga serta menjalin kerukunan dalam umat beragama.” jelasnya.

Mayor CHB Sutisna juga mengajak para hadirin untuk memahami bahwa toleransi dan menghormati perbedaan adalah kunci utama dalam menjaga kerukunan umat beragama. Setiap individu harus belajar menerima perbedaan dalam agama dan budaya, dan mengetahui bahwa perbedaan tersebut bisa menjadi kekayaan bangsa. Tanpa toleransi dan penghormatan perbedaan, maka kerukunan tidak akan terwujud dan konflik akan muncul.

Baca Juga :  Bentuk Kepedulian Personil Kodim 0506/Tgr Bersihkan Pasar

“Kerukunan umat beragama juga harus diimbangi dengan pemahaman akan setiap hak dan kewajiban beragama yang harus dihormati. Setiap agama memiliki tuntutan dan aturan yang berbeda, sehingga harmonisasi harus dijaga antara setiap hak dan kewajiban tersebut dengan kepentingan bersama dalam membangun bangsa.” ungkapnya.

Mayor CHB Sutisna menegaskan dalam acara kegiatan HUT Megantara Edupark ke-1 ini agar para tokoh agama dan masyarakat dapat terus berkomitmen dalam menjaga kerukunan umat beragama khususnya pada masa politik yang terjadi saat ini.

“Seluruh elemen masyarakat, termasuk TNI, harus memperkuat toleransi, penghormatan, serta memperhatikan hak dan kewajiban beragama untuk menjaga kerukunan umat beragama,”pungkasnya. (#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *