Batalyon Infanteri 201/Jaya Yudha Pertahankan Tradisi Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka

JAKARTA TIMUR, Karonesia.com – Upacara serah terima Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka wilayah Kodam Jaya/Jayakarta dilaksanakan di Kantor Des Segarajaya, Bekasi, Jawa Barat, Minggu lalu (17/12/2023) lalu.

Kontingen Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Yonif 201/Jaya Yudha dipimpin oleh Letda Inf Adrian Virajati, dan berhasil menyelesaikan etape III dengan menempuh rute sejauh 20 Kilometer.

Kemudian dilanjutkan oleh Letda Inf Bagas Wahyu pada pukul 02.00 WIB untuk menyelesaikan etape IV dengan menempuh rute sejauh 20 kilometer juga dan diserahterimakan kepada Yonif 203/AK untuk melanjutkan Etape V.

Peleton tersebut telah berhasil menegakkan tradisi Jalan Kaki Yudha Wastu Pramuka, yang dilaksanakan setiap setahun sekali untuk memperingati Hari Ulang Tahun Korps Infanteri pada tanggal 19 Desember.

Pelaksanaan peleton Yudha Wastu Pramuka Jaya Kodam Jaya/Jayakarta dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 17 sampai dengan 19 Desember 2023. Terlihat semangat dan kegigihan prajurit Jaya Yudha yang tidak berkurang meskipun dalam kondisi lelah sekalipun, untuk tetap berjuang meraih sasaran.

Tradisi Jalan Kaki Yudha Wastu Pramuka ini dilakukan sebagai sarana untuk memupuk jiwa korsa dan kebanggaan terhadap Korps Infanteri. Dalam setiap langkah kaki, para prajurit merasakan kebersamaan, persatuan, dan kesatuan sesama anggota Korps Infanteri. Selain itu, melalui tradisi ini, diharapkan para prajurit semakin memahami dan mengenal lapangan dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kesiap-siagaan dalam bertugas.

Dalam pelaksanaannya, tradisi ini melibatkan prajurit berjalan kaki sejauh lebih dari 50 kilometer. Selain itu, dalam tradisi ini juga termasuk pengarahan oleh perwira terhadap para prajurit, dialog antara pimpinan dengan prajurit, perawatan dan pengelolaan peralatan, dan jasa medik yang diberikan pada peserta yang memerlukan.

Seluruh prajurit yang terlibat dalam tradisi Jalan Kaki Yudha Wastu Pramuka menyatakan rasa bangga dan terhormat untuk menjadi bagian dari suatu tradisi yang membantu mengasah jiwa korsa dan kebersamaan antara sesama anggota Korps Infanteri. Mereka juga memberikan apresiasi dan terima kasih kepada pimpinan atas dukungan dan motivasi yang diberikan untuk terus menjalankan tradisi ini.

Diharapkan kegiatan ini dapat terus dilaksanakan dan menjadi tradisi terus-menerus yang selalu dipelihara oleh Korps Infanteri di Indonesia. Semoga dengan adanya tradisi Jalan Kaki Yudha Wastu Pramuka ini, jiwa korsa dan kebanggaan sebagai seorang prajurit dapat terus tumbuh dan berkembang. (#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *