Mewakili Dandim 0510/Tigaraksa, Mayor Inf Jauhari Monitoring Upacara Peringatan HKN, Hari Bela Negara Ke-75 Dan Apel Siaga Bencana Tahun 2023

TIGARAKSA, Karonesia.com – Danramil 10 Sepatan Mayor Inf Jauhari mewakili Dandim 0510/Tigaraksa melaksanakan monitoring Upacara dalam rangka Peringatan Hari Kesadaran Nasional dan rangkaian Hari Bela Negara Ke-75 serta Apel Siaga Bencana Tahun 2023 yang digelar di Lapangan Upacara Raden Aria Yudha Negara JI. H. Somawinata Tigaraksa Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang, Selasa (19/12/2023).

PJ. Bupati Tangerang Dr. Andi Ony Prihantono, M.Si  bertindak sebagai Inspektur Apel dalam memperingati Hari Bela Negara ke-75 sekaligus membacakan amanat Amanat Presiden Republik Indonesia, dengan mengajak masyarakat Indonesia untuk membangun semangat Bela Negara dan meningkatkan kesadaran akan dukungan yang dibutuhkan untuk menjaga kesatuan dan persatuan di Indonesia.

Saat ini, tantangan depan semakin tidak terduga, maka kita harus memiliki jiwa Bela Negara sebagai pilar utama dalam menjaga ketahanan negara.

Dalam kesempatan tersebut juga diadakan kegiatan apel Siaga Bencana Tingkat Kabupaten Tangerang karena terdapat beberapa Ancaman Potensi Bencana seperti banjir, banjir bandang, cuaca ekstrem, gelombang ekstrem, gempa bumi, tsunami, kekeringan, dan kebakaran hutan dan lahan.

Pada sambutan tersebut, jajaran BPBD Kabupaten Tangerang diberikan apresiasi karena telah mempersiapkan acara “SIGAP DAN TANGGAP TERHADAP BENCANA” sebagai bentuk tanggung jawab dan kepedulian terhadap kemungkinan terjadinya bencana.

Dalam kesempatan tersebut, juga disampaikan beberapa point yang harus menjadi perhatian untuk menghadapi bencana, antara lain bersinergi dan koordinasi antara stakeholder dalam meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap ancaman bencana, melakukan kegiatan gotong royong, mendekati masyarakat secara preventif, mempersiapkan susunan mental dan fisik, memeriksa peralatan SAR berkala, dan menjaga kesehatan dalam menjalankan tugas di lapangan.

Sementara itu, Danramil 10 Sepatan Mayor Inf Jauhari menyampaikan, pentingnya semangat bela negara, yang harus selalu dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia.

“Bela Negara bukan hanya menjadi tugas TNI atau pemerintah, tetapi menjadi tanggung jawab semua warga negara untuk menjaga kedaulatan dan keutuhan negara.”katanya.

Ia juga menekankan pentingnya menghargai hasil dari perjuangan para pahlawan yang telah berjuang menjaga kemerdekaan Indonesia saat ini. Mari terus berkontribusi dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Lebih lanjut Mayor Inf jauhari mengatakan usai kegiatan upacara kita beserta rombongan pun bergerak menuju danau taman Pemda guna melaksanakan simulasi kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam terutama banjir,mengingat di akhir tahun biasanya sudah mulai memasuki musim penghujan kerawanan banjir pasti setiap saat
Dapat melanda wilayah kita.”tegasnya”.

Hadir dalam apel itu, Dr. Andi Ony Prihantono, M.Si PJ. Bupati Tangerang,  Drs. Maesyal Rasyid, M.Si Sekda Kab. Tangerang, AKBP Edi Guritno, SH Kasat Samapta Polres Metro Tangerang, Mayor Arh Syamsuri mewakili Danrem 052/ Wkr, Danramil Sepatan Mayor Inf Jauhari mewakili Dandim 0510/Trs, Kapten Arh Yoga Rosadi Rachman, S.S.T. Han., S.T. Den Arhanud 003/ ARK Rudal, Kapten Lek. Ongky Arimunandar Kadishar Dansat Radar Tj. Kait, AKP Agung Dwi Cahyono, SH, MH Kapolsek Legok Polres Tangsel, AKP Jakariyanta Wakapolsek Tigaraksa, Ujat Sudrajat, S. Sos, MT Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kab. Tangerang/ BPBD Kab. Tangerang, dan Peserta Apel.(#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *