Babinsa Koramil 13/Cisoka Pantau Pompanisasi Pertanian di Wilayahnya

KARONESIA.com, Tigaraksa – Babinsa Desa Solear Serda Sariyanto anggota Koramil 13 Cisoka melakukan kegiatan rutin pengecekan pompanisasi di Desa Solear, Kec Solear, Kab.Tangerang, Selasa (26/03/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa irigasi yang terdapat di desa tersebut berfungsi dengan baik dan dapat mengairi lahan pertanian warga setempat. Selain itu, keberadaan empat pompa air, dapat mengairi luas areal ±80 Hektar.

Namun, saat ini pompa Existing tidak dioperasikan karena memasuki musim hujan dan musim panen.

Dalam kegiatan pengecekan ini, Babinsa Desa Solear memeriksa kondisi 4 unit pompa Existing termasuk Mesin pompa air, pipa-pipa saluran air, serta pengatur jadwal penggunaan air untuk memastikan semuanya berfungsi dengan optimal.

Menurut Babinsa Desa Solear, kegiatan ini sangat penting dalam mendukung produktivitas pertanian warga desa. “Dengan sistem pompanisasi yang baik dan terawat, kita dapat memastikan bahwa lahan pertanian mendapat pasokan air yang cukup, sehingga produksi pertanian dapat meningkat,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan pengecekan ini juga dapat membantu mendeteksi dini jika ada kerusakan atau gangguan pada sistem irigasi. Babinsa Desa Solear berharap melalui kegiatan ini, ia dapat membantu masyarakat setempat dalam meningkatkan hasil pertanian mereka serta menghindari kerugian akibat kerusakan sistem irigasi.

Babinsa juga menyampaikan harapan, peran aktif dan kepedulian warga terhadap perawatan sistem pompanisasi agar selalu berfungsi dengan baik dan terus terjaga. Hal ini diharapkan dapat membantu masyarakat setempat memperoleh hasil pertanian yang optimal dan meningkatkan kesejahteraan mereka.(@2024/lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *