Andun Vaganza Mendunia, IMO Indonesia Kukuhkan 2 Duta Wisata Nasional

Jakarta, Karonesia.com – Ikatan Media Online Indonesia (IMO) telah menobatkan Festival Andun Vaganza (FAV) sebagai nominator terbaik nasional dalam penghargaan IMO-Indonesia Award tahun 2023, yang diadakan dalam kategori even pariwisata tradisional paling representatif dan konsisten melibatkan seluruh stakeholder di sebuah daerah.

Ketua Umum IMO-Indonesia Yakub Ismail SE MM mengutarakan bahwa festival yang digelar di Bengkulu Selatan ini telah membuktikan bahwa industri pariwisata tradisional dapat menggapai banyak segmen pasar, mempertemukan para pelaku usaha mulai usaha kecil hingga BUMDes dan desa wisata dalam satu momen terintegrasi.

Menurut Yakub, Festival Andun Vaganza dapat menjunjung prinsip kegotongroyongan dalam swadaya kegiatan, sehingga seluruh organisasi penggerak dan para pegiat dapat bersinergi sempurna. Yakub juga menambahkan bahwa di tahun keempat, Festival Andun Vaganza sukses lakukan lompatan besar tanpa ketergantungan berlebihan terhadap dukungan anggaran pemerintah daerah yang mungkin sedang payah.

Atas capaian tinggi tersebut, Andun Vaganza disebutkan akan menjadi nama pertama yang pantas tercatat dalam Museum Rekor Media Online (MEMO) Indonesia. “Tentunya, ini akan menjadi kebanggan tersendiri bagi Bengkulu Selatan sebagai lokus penyelenggara Festival Andun Vaganza, serta bagi seluruh masyarakat Etnik Serawai di Indonesia.” ujarnya.

Dalam acara Seminar Nasional 11.11 di Jakarta, DPP IMO-Indonesia menobatkan Bujang Gadis Andun Vaganza, Yogi Tria Syaputra dan Windu Cahya Maharani, sebagai Duta Wisata Nasional tahun 2023. Keduanya telah ditugaskan menjadi duta wisata nasional selama empat tahun, terhitung mulai Januari 2024 setelah berhasil menyingkirkan 26 pasang finalis di ajang Festival Andun Vaganza di Bengkulu Selatan pada bulan Oktober lalu.

Yogi-Windu dihadiahi beasiswa kuliah S1 dan S2 atas penampilan mereka yang menarik dan berhasil meraih banyak penghargaan. Keberhasilan Yogi-Windu bertengger di podium juara pertama lomba Tari Andun Pasangan disusul dengan dua kemenangan berikutnya oleh desa tempat mereka berasal, yaitu Muara Pulutan. BUMDes Muara Pulutan menjadi juara pertama Kontes Kuliner Pendap FAV 2023 yang diadakan pada tanggal 22 Oktober 2023 di Bengkulu Selatan.

Seminggu kemudian, Dewan Juri Lomba Desa Wisata FAV 2023 juga menetapkan Muara Pulutan sebagai juara pertama. Dengan memenangkan nilai tertinggi pada 3 dari 5 cabang perlombaan Festival Andun Vaganza, Muara Pulutan berhasil memenangkan juara umum. Sebagai wujud apresiasi dan legitimasi, Muara Pulutan dinyatakan sebagai juara nasional desa wisata legendaris terpopuler. Plakat juara secara resmi diserahkan oleh Waketum II DPP IMO-Indonesia, Safrul Daulay SH MM CCPS, kepada Kepala Desa Muara Pulutan, Ir Suherman, setelah Seminar Nasional 11.11 di Jakarta.

Festival Andun Vaganza akan diadakan sekitar bulan Mei-Juli tahun depan dan akan menghadirkan Presiden RI sebagai juri kehormatan Kontes Kuliner Pendap. Pada hari tersebut, akan ditetapkan sebagai Hari Pendap Nasional dan prestasinya akan dicatat dalam Museum Rekor Media Online Indonesia (#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *