Dandim 0621/Kab Bogor dan Forkopimda Hadiri Upacara Penetapan Komcad Matra Darat: Memperkuat Pertahanan Nasional

KAROnesia.com, Depok – Komandan Kodim 0621/Kab Bogor, Letkol Inf Anton Prasetyo, S.E.,M.I.P dan Forkopimda, mengikuti pelaksanaan Upacara Penetapan Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat TA. 2024 yang dilaksanakan di Lapangan Upacara Divisi Infanteri 1/Kostrad di Cilodong, Kota Depok, Rabu (18/09/2024).

Wakil Menteri Pertahanan Republik Indonesia, M. Herindra, menjadi Inspektur Upacara (Irup) di Upacara Penetapan Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat TA. 2024  dihadiri Kasum TNI, Letjen. TNI Richard Tampubolon, Wakasad, Letjend. TNI Tandyo Budi Revita, Pangkostrad, Letjen TNI Mohamad Hasan, Pangkoarmabar, Laksdya TNI Denih Hendrata, Wakasau, Marsdya TNI Andyawan Martono Putra, S.I.P, Komandan Korps Brimob Polri, Komjend Pol. Imam Widodo, Dankodiklat, Mayjend. TNI M. Fadjar, Sekjen Kemhan, Donny Ermawan Taufanto, M.D.S., M.S.P, Kabalitbang Kemhan, Heru Sudarminto S.I.P, M.Sc, Danrem 061/SK, Brigjend TNI Faisol Izuddin Karimi,S.E., Kolonel Inf Iman Widhiarto S.T  M.M Dandim 0508/Depok, Kolonel Pas. Helmi A.Nange Dan Wing 1/Kopasgat, Dandim 0621/Kab.Bogor,Letkol Inf Anton Prasetyo, S.E.,M.I.P., Kapolres Kab. Bogor, AKBP Rio Wahyu Anggoro, Pj. Bupati Kab. Bogor, Asmawa Tosepu,  Kasatpol PP Kab. Bogor, Cecep Imam Nagasarid, Para Pejabat Kemhan TNI dan Para tamu undangan.

Baca Juga :  Wakili Danramil, Serka Sumarno Hadiri Upacara Bulan Bakti Perkemahan Calon Pramuka Garuda

Dalam amanatnya, Wakil Menteri Pertahanan Republik Indonesia, M. Herindra, menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang memungkinkan terselenggaranya acara ini. “Hari ini, kita menyaksikan lahirnya 1.145 personel Komcad, terdiri dari 307 putra, 486 putri, dan 352 kadet dari Cohort-5,” ungkapnya dengan bangga.

Wakil Menteri Pertahanan juga menekankan arti penting kehadiran para anggota Komcad sebagai wujud komitmen mereka terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Berdirinya saudara-saudara sekalian adalah cermin keikhlasan dan antusiasme untuk membangun bangsa yang lebih kuat,” tambahnya.

M. Herindra menggarisbawahi bahwa pertahanan negara bukan hanya tugas Kemhan dan TNI, tetapi tanggung jawab seluruh rakyat Indonesia. Hal ini menjadi landasan dalam pembentukan Komcad, sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN).

“Tujuan utama Komcad adalah untuk memperkuat sistem pertahanan dan meningkatkan partisipasi warga negara dalam bela negara,” jelasnya.

Baca Juga :  Serka Mulyono Nugroho Dan Tiga Pilar Kel Rengas Jumat Curhat Bersama Warga

Lebih lanjut, Wakil Menteri menekankan pentingnya sinergi antara Komcad dan TNI serta instansi pemerintah lainnya. “Sinergi dan koordinasi yang kuat menjadi kunci keberhasilan dalam memperkuat sistem pertahanan negara,” ujarnya, meyakini bahwa Komcad akan menjadi salah satu kekuatan andalan Indonesia.

Mengakhiri sambutannya, M. Herindra mengingatkan bahwa penetapan ini bukanlah akhir, melainkan awal dari tanggung jawab besar. “Jagalah kehormatan dan integritas,” pesannya kepada para Komcad yang telah menjalani program latihan intensif,: kata M Herindra.

Usai pelaksanaan Upacara Penetapan Komcad Matra Darat TA. 2024 berakhir, Dandim 0621/Kab Bogor menyatakan rasa bangganya terjadap semangat anggota Komcad. “Alhamdulillah, pelaksanaan upacara berjalan dengan aman dan Komcad menandai langkah strategis dalam memperkuat pertahanan nasional Republik Indonesia.” Ujarnya.

“Semoga Komcad yang baru ditetapkan diharapkan mampu berkontribusi optimal dalam menjaga keamanan dan kedaulatan negara, serta menjadi garda terdepan dalam bela negara.” tambahnya. (@lingga_2024)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *