Tradisi “Pembaretan” dan Penyematan Brivet “Yudha Wastu Pramuka” Awal Sahnya Bergabung Dalam Keluarga Besar Infanteri

KARONESIA.COM, Tangerang – Upacara tradisi pembaretan dan penyematan brivet “Yudha Wastu Pramuka” bagi 20 orang Siswa Dikjurtaif Abit Dikmata TNI AD Gelombang I TA. 2023 berlangsung khidmat dan penuh haru bertempat di Pantai Tanjung Pasir, Tanggerang. Sabtu, (23/12/2023).

Danrindam Jaya Kolonel Inf Suwondo, S.I.P., M.Han dalam membacakan amanat Danpussenif mengucapkan selamat kepada prajurit yang sudah dilakukan pembaretan. Selaku Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri beserta seluruh keluarga besar Korps Infanteri mengucapkan selamat atas kemampuan yang telah diraih sekaligus mengesahkan pemakaian baret dan brevet Yudhawastu Pramuka.

“Pengukuhan dan pembaretan serta penyematan brevet Yudha Wastu Pramuka merupakan suatu pengakuan dan penghargaan serta lambang kehormatan sebagai prajurit Infanteri yang memiliki kemampuan bergerak di segala bentuk medan pertempuran.” katanya.

Baca Juga :  Jabatan Kepala Ajudan Jenderal Kodam Jaya/Jayakarta Diserahterimakan

Ia menegaskan bahwa, tradisi pembaretan dan penyematan brevet kualifikasi Yudhawastu Pramuka juga merupakan suatu pengukuhan dan penghargaan serta lambang kehormatan bagi prajurit Infanteri.

Lebih lanjut, Komandan Rindam Jaya menyebutkan prajurit Infanteri yang tanggap, tanggon, dan trengginas, sadari bahwa jalan hidup yang dipilih sebagai prajurit Infanteri adalah Rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa.

“Sejarah telah mencatat bahwa prajurit korps Infanteri telah berhasil memenangkan berbagai pertempuran yang menentukan.”ujarnya.

Dikatakannya, itulah mengapa di setiap pertempuran terdapat prajurit Infanteri karena sejatinya prajurit Infanteri adalah barisan perang paling depan. Karena memiliki tingkatkan Pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan Fisik dengan didukung semangat juang, jiwa korsa serta kebanggaan infanteri sebagai bekal pengabdian kepada bangsa dan negara.

Baca Juga :  Kecintaan Masyarakat Purbalingga Kepada Pleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya Kodam IV/Diponegoro

Pembaretan tidak hanya dihadiri para pejabat Rindam Jaya tapi juga orang tua siswa dengan penuh antusias, rasa haru, dan penuh bangga menyematkan brivet Yudha Wastu Pramuka dan memakaikan baret Infanteri kepada putranya.

Setelah kegiatan pembaretan, Danrindam Jaya beserta para pejabat Rindam Jaya melaksanakan Kegiatan “Rindam Jaya Berbagi” dengan memberikan bantuan sembako kepada masyarakat seputaran medan latihan. (#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *