Perkuat IKN, Kemendes Gelar Transmigrasi TNI AD

KAROnesia.com, Jakarta – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) bersama TNI siap melaksanakan penguatan pertahanan Ibu Kota Nusantara (IKN) melalui Program Transmigrasi Angkatan Darat.

Program ini akan dilaksanakan di kawasan perbatasan negara Indonesia-Malaysia.

Dirjen PPKTrans Kemendes PDTT, Danton Ginting Munthe menjelaskan, program ini merupakan langkah penting untuk bisa mewujudkan Indonesia yang aman dan terjadi pemerataan khususnya di wilayah perbatasan.

Oleh karena itu, perlu dilaksanakan beragam persiapan dan tahapan. Di antaranya persiapan lahan dan pemukiman transmigrasi.

“Kami sangat senang jika program ini terlaksana. Memang perlu ada sekian tahapan yang harus dilakukan untuk realisasi program ini,” kata Danton saat menerima audiensi perwakilan dari Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) di Kantor Kemendes PDTT, Jakarta, Jumat (12/1/2024).

Dalam persiapan lahan dan pemukiman transmigrasi tersebut, perlu juga dilakukan kerja sama dengan mitra untuk mendapatkan investasi. Sehingga semua rencana berjalan tanpa hambatan. Oleh karena itu akan dibentuk gugus tugas yang terdiri dari perwakilan Kemendes PDTT dan Kostrad.

“Kerja sama ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat besar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Selain itu, terbenahinya infrastruktur, serta menguatnya ketahanan pangan di wilayah perbatasan tersebut.”ujar Aster KSAD, Mayor Jenderal TNI Joko Hadi Susilo.

“Prioritasnya akan kita kembangkan pembangunan di daerah perbatasan sudah mengutamakan kegiatan perkebunan dan ketahanan pangan. Kami akan sinergikan dari pendekatan keamanan seperti yang sudah terjadi daerah perbatasan. Langkah ini sangat penting supaya masyarakat dan wilayah kita bisa kita jaga,” papar Joko Hadi Susilo.

Dalam audiensi ini, Dirjen PPKTrans didampingi Sesditjen Kemendes PDTT Sigit Mustofa Nurudin, Direktur Perencanaan Perwujudan Kawasan Transmigrasi Bambang Widyatmiko, Direktur Pembangunan Kawasan Transmigrasi Nirwan Ahmad Helmi, Direktur Fasilitasi Penataan Persebaran Penduduk Wibowo Puji Raharjo, Direktur Pengembangan Satuan Pemukiman dan Pusat Satuan Kawasan Pengembangan Rosyid, dan Direktur Pengembangan Kawasan Transmigrasi Rajumber Prihatin.

Sementara itu hadir pula Aster Kaskostrad Brigadir Jenderal TNI Clement Siahaan, Tim Ahli Kostrad Eddy S dan Banu S bersama rombongan.(@2024/lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *