KEK Sanur, Erick Thohir: BUMN Hadirkan World Class Medical and Wellness Destination Pertama di Indonesia

KARONESIA.COM, Bali – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, menegaskan pentingnya inovasi dalam menciptakan ekosistem pariwisata yang berkelanjutan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui pariwisata.

Salah satu upayanya adalah dengan menghadirkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sanur, yang terdiri dari Convention Center seluas 3750 meter persegi dan Alster Lake Clinic dengan terobosan teknologi medis terbaru.

Hal ini disampaikannya dalam acara peresmian Bali Beach Convention dan ground breaking Alster Lake Center yang dilaksanakan di kawasan KEK Sanur, Bali, Selasa (30/01/2024).

Menteri Erick mengatakan, “Dengan hadirnya KEK Sanur, diharapkan bisa menjadi lokomotif akselerator perekonomian di Indonesia. Fasilitas baru yang diresmikan ini tidak hanya mencakup infrastruktur ekonomi saja, melainkan juga keberlanjutan dan inovasi dalam pengembangan ekosistem pariwisata kesehatan.

“Selain itu, KEK Sanur ini dapat menjadi model bagi pengembangan KEK di wilayah lain di Indonesia dalam menciptakan ekosistem pariwisata kesehatan terintegrasi sehingga dapat menjadi magnet bagi wisatawan domestik maupun mancanegara,” jelas Erick.

Baca Juga :  Menteri ATR/Kepala BPN Kunjungi Kapolri, Perkuat Sinergi Untuk Meminimalisir Potensi Kerugian Negara

Dirinya menambahkan, KEK Sanur menjadi tonggak sejarah dan milestone bagi destinasi wisata berkelanjutan bertaraf internasional yang dapat mendorong kebangkitan ekosistem pariwisata dan perekonomian di Indonesia.

“Melalui KEK Sanur, tidak hanya teknologi medis and wellness terbaik yang akan dibawa ke Indonesia, seluruh kawasan nantinya ditargetkan mampu menyerap sekitar 43 ribu tenaga kerja.” ujarnya.

Direktur Utama InJourney, Dony Oskaria, menyebutkan pengembangan convention ini mengembalikan visi awal Sanur sebagai pusat destinasi pariwisata Meeting, Incentives, Conference and Exhibitions (MICE).

“KEK Sanur juga menjadi salah satu convention center terbesar di Bali dengan kapasitas 5.000 pax yang memiliki pemandangan yang indah dengan menghadap langsung ke area pantai,” katanya.

Baca Juga :  Momen Perayaan Paskah, Menteri AHY Serahkan 16 Sertifikat Tanah Gereja di Wilayah Jawa Timur

Perlu diketahui, KEK Sanur ini ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2022 merupakan inisiatif strategis Pemerintah untuk memanfaatkan potensi kawasan Sanur sebagai destinasi pariwisata kesehatan dengan menjadikan Bali sebagai landmark dalam peningkatan dan diversifikasi perekonomian Indonesia.

Pada tahun 2045, target penghematan potensi devisa mencapai Rp 86 T, dan penambahan devisa hingga Rp 19,6 T pada periode yang sama. Ini merupakan wujud komitmen BUMN dalam menciptakan inovasi untuk ekosistem pariwisata yang lebih baik.

Acara peresmian Convention Center dan Alster Lake Clinic turut dihadiri Direktur Alster Lake Clinic, Prof. Dr. Med. Fred Fandrich, PJ. Gubernur Bali, Bapak Irjen (Purn) Sang Made Mahendra Jaya serta Sekretaris Menteri BUMN RI, Bapak Rabin Indrajad Hattari.(@2024/lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *