Hadiri Rapat Forkopimda, Dandim 0506/Tgr Tegaskan Netralitas dan Profesionalitas Di Pemilu Dan Pilpres 2024 Di Tangerang Selatan

KARONESIA.COM, Tangerang Selatan –  Dandim 0506 Tangerang, Letkol Inf Endik Hendra Sandi,S.Sos.,M.I.Pol. bersama Kapolres Tangsel AKBP Faisal Febryanto,S.I.K,.M.Si dan Walikota Tangsel H Benyamien Davnie hadir dalam Rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tangerang Selatan 2023 yang dilaksanakan di Pranaya Hotel, Lengkong Gudang, Kec Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (28/12/2023).

Rapat Forkopimda Tangerang Selatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk membahas persiapan menghadapi Pemilu 2024 dan kesiapan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2024. Ini merupakan upaya pemerintah daerah untuk memastikan segala persiapan terkait Pemilu 2024 dan pemilihan Presiden/Wakil Presiden tahun 2024 berjalan dengan baik.

Disampaikan Dandim 0506/Tgr Letkol Inf Endik Hendra Sandi,S.Sos.,M.I.Pol mengatakan, dengan adanya koordinasi yang baik antar pihak terkait seperti TNI, Polri, dan Pemerintah serta pihak terkait lainnya, diharapkan dapat menciptakan suasana yang aman, demokratis, dan transparan dalam proses politik yang akan datang.

“Tujuan dari rapat ini adalah untuk melakukan koordinasi dan menyatukan langkah antara pemerintah daerah dengan TNI- Polri serta pihak-pihak terkait lainnya dalam menghadapi proses politik yang akan datang.” jelasnya.

Menurut Dandim bahwa, pelaksanaan Pemilu 2024 menjadi fokus utama dalam rapat forum koordinasi ini. “TNI sebagai bagian dari pilar negara memiliki peran strategis dalam menjaga stabilitas dan keamanan selama periode pemilihan. Oleh karena itu, dalam rapat ini juga membahas kesiapan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2023.” jelasnya.

Menurut Dandim, diperlukan persiapan yang matang dari semua pihak untuk memastikan proses pemilihan berjalan sesuai dengan aturan dan kebijakan yang berlaku serta menjaga keamanan dan ketertiban selama pemilihan.

Di kesempatan itu, Dandim menekankan pentingnya kerjasama dan koordinasi antara pemerintah daerah, TNI, Polri, dan instansi terkait lainnya dalam memastikan terlaksananya proses Pemilu dengan sukses.

Ia juga menekankan perlunya mengedepankan semangat menjaga netralitas dan profesionalitas dalam menjalankan tugas selama periode pemilihan.

Sementara itu, Kapolres Tangsel, Kapolres Tangsel AKBP Faisal Febryanto,S.I.K,.M.Si menyampaikan bahwa pihak jajaran Polres Tangsel dalam menyikapi Pemilu 2024 akan melakukan deteksi dini dengan mengumpulkan baket atau informasi guna mengantisipasi mencegah adanya ancaman dari pihak – pihak yang menggangu serta menggagalkan Pemilu 2024.

“Kita juga akan menjalin silaturahmi dan penggalangan kepada toga, tomas, tokoh pemuda dan tokoh adat untuk berpartisipasi aktif memelihara kamtibmas termasuk dengan parpol dalam menggalang mewujudkan Pemilu yang Jujur, Adil dan Siskamtibmas yang aman dan kondusif.” jelasnya.

Selanjutnya, kita juga melaksanakan penebalan personil di TPS yang sangat rawan dan juga melaksanakan pengamanan setiap tahapan Pemilu dengan penjagaan, pengaturan, pengawalan dan patroli di lokasi dan disaat jam rawan. Selain itu, melakukan monitoring pemetaan, profiling dan penindakan terhadap munculnya aksi yang merusak tahapan Pemilu 2024.

“Polres Tangsel juga akan melakukan bantuan berupa dukungan personil, logistik sarana dan prasarana guna kelancaran tahapan Pemilu.” tandasnya.

Sedangkan Walikota Tangsel H Benyamien Davnie mengatakan agar semua pihak, baik TNI- Polri dan pemerintah daerah hingga jajaran OPD dapat saling bekerjasama dan berkolaborasi untuk mensukseskan pesta demokrasi yang mana pelaksanaannya dilaksankan secara serentak.

“Kita semua harus menjaga dan menciptakan wilayah Kota Tangerang Selatan tercipta kedamaian dan keharmonisan untuk mensukseskan Pemilu 2024 dan meningkatkan partisipasi pemilih untuk melaksanakan hak pilihnya.” jelasnya.

Tampak hadir dalam Rapat forum koordinasi, diantaranya, Drs.H.Benyamin Davnie Walikota Tangsel,  H. Pilar Saga Ichsan S.T Wakil Walikota Tangsel, H. Abdul Rasyid, S.Ag Ketua DPRD Kota Tangsel,  Ibu Silpia Rosalina, S.H,.M.H Kepala Kejari Kota Tangsel, Bambang Noertjahjo Sekda Kota Tangsel,  Letkol Inf Endik Hendra Sandi,S.Sos.,M.I.Pol. Dandim 0506/Tgr,  AKBP Faisal Febryanto,S.I.K,.M.Si Kapolres Tangsel,  Satryia Eka Putra,S.H,M.H Kepala BNNK Kota Tangsel, Ibu Shinta Purwitasari, SH ,St,MH Kepala BPN Tangsel, Bani Khosyatullah Kaban Kesbangpol Kota Tangsel, Mayor Kav Sutarto Danramil 03/ Srp, Kompol Andika Muslim ,SH , S.I.K Kapolsek Serpong,  Andi PN Tangerang,  Oky Kasi Intel Imigrasi Tangerang.  M. Acep  Ketua Bawaslu Tangsel,  Ajad Sudrajad Komisioner KPU Tangsel. Iwan Manalu Kaposda BIN Tangsel. Oky Rudiyanto Kasatpol PP Tangsel dan para Camat Se Tangsel. (#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *