Hadiri Apel Gelar Pasukan Ketupat Jaya 2024, Dandim 0506/Tgr: Solidnya Sinergitas TNI-Polri Dan Stakeholder

KARONESIA.com, Tangerang Selatan – Komandan Kodim 0506/Tangerang Kolonel Inf Endik Hendra Sandi S.sos,M.I.Pol bersama Forkopimda hadiri Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Ops Kepolisian Terpusat ketupat jaya 2024. di Lapangan Apel Polres Kota Tangsel Jl.Raya Promoter, Kel.Lengkong Gudang Timur, Kec.Serpong Kota Tangerang Selatan, Rabu (03/04/2024).

Apel Gelar Pasukan Ops Kepolisian Terpusat ketupat jaya 2024 diikuti 350 personil dari unsur gabungan dari Polres Tangsel, Kodim 0506/Tgr, Denpom, Satpol PP Tangsel dan Dishub Tangsel.

Tampak hadir di apel gabungan itu, Drs. H. Benyamin Davnie Walikota Tangsel, Kolonel Inf Endik Hendra Sandi S.sos,M.I.Pol Dandim 0506/Tgr, AKBP Ibnu Bagus Santoso, S.I.K., M.M., M.H Kapolres Tangsel, Mayor Kav Sutarto Danramil 03/Srp, Mayor Inf Jajang Munajar Danramil 03/Lgk, Mayor Inf  Hendrik Danramil 02/Crk, Kompol Yudi Permadi S.ik Wakapolres Tangsel, Lettu Cpm Andi ST Danpos Pom Tangsel, dan Para Kapolsek Jajaran Polres Tangsel.

Dikesempatan itu, AKBP Ibnu Bagus Kapolres Tangsel membacakan penyampaian Kapolri bahwa, pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2024 secara serentak di seluruh Indonesia, ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 sebagai komitmen nyata sinergisitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H.

“Berdasarkan survei Indikator, kepuasan masyarakat atas penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2024 mencapai 89,5,% atau meningkat 15,7% dibanding tahun 2023,” jelasnya.

Baca Juga :  Gelar Apel Luar Biasa, Dandim 0506/Tgr Bagikan Bingkisan Lebaran

Hal ini merupakan wujud apresiasi masyarakat atas kerja keras kuta bersama yang harus dipertahankan dan ditingkatkan dalam pengamanan arus mudik dan balik tahun ini. Yang akan sangat besar sekali, kenaikannya 56 persen dibanding tahun yang lalu. Total yang akan mudik 190 juta pemudik tahun ini kurang lebih, ini dari survei. Oleh sebab itu, saya mengimbau, mengajak masyarakat untuk mudik lebih awal.

“Untuk menjawab tantangan ini, TNI-Polri bersama stakeholder terkait melaksanakan Operasi Terpusat dengan sandi “Ketupat 2024” yang melibatkan 155.165 personel, selama 13 hari dari tanggal 4 – 16 April 2024. Operasi ini telah diawali KRYD tanggal 28 Maret – 3 April 2024 dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 17 – 23 April 2024.” kata Kapolri dalam penyampaiannya.

Dalam operasi ini, telah dipersiapkan 5.784 pos, yang terdiri dari 3.772 pos pengamanan, 1.532 pos pelayanan, dan 480 pos terpadu, dalam rangka pelayanan dan pengamanan utamanya pada jalur-jalur rawan seperti kemacetan, kecelakaan, kriminalitas, dan bencana alam, serta di pusat-pusat keramaian. Tentunya, pos-pos yang digelar harus mampu memberikan pelayanan prima dan pengamanan optimal.

“Polri bersama dengan Kementerian Perhubungan dan Kementerian PUPR kembali mengeluarkan Surat Keputusan Bersama tentang Pengaturan Lalu Lintas.” jelasnya.

Baca Juga :  Persiapan Pilkada 2024, Dandim 0506/Tgr Terima Audiensi KPU Tangerang Selatan

Menurut Kapolri dalam penyampaiannya, terkait penggunaan jalan tol dan jalur arteri, berikan jaminan kamseltibcar lantas kepada masyarakat. “Periksa kesiapan infrastruktur dan moda transportasi yang akan digunakan masyarakat, reduksi faktor-faktor potensi kerawanan dan sumbatan di jalan raya, terapkan rekayasa lalu lintas secara terukur dan terkoordinasi.” ujarnya.

“Apabila masyarakat merasa khawatir terdapat gangguan kejahatan dalam perjalanannya, siapkan pengawalan kepolisian untuk memberikan rasa aman.”tambahnya.

“Sinergi dan koordinasi antara Satgas Pusat, Satgas Daerah, dan stakeholder terkait harus berjalan optimal, sehingga pengguna Jalan benar-benar merasa aman dan nyaman.” kata Kapolri diakhir amanatnya yang dibacakan AKBP Ibnu Bagus Kapolres Tangsel.

Sementara itu, Dandim 0506/Tangerang Kolonel Inf Endik Hendra Sandi S.sos,M.I.Pol menyatakan bahwa, siap mendukung kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka menciptakan kondusifitas wilayah yang aman dan nyaman jelang  Idul Fitri bersama aparat terkait lainnya.

“Apel Gelar Pasukan Ops Kepolisian Terpusat ketupat jaya 2024 ini, dalam rangka pelaksanaan Operasi Ketupat 2024. Ini adalah komitmen nyata bahwa sinergitas TNI-Polri dengan stakeholder terjalin solid dan saling bekerjasama dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H.” tegas Dandim. (@2024/lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *