Danrindam Jaya Inspektur Upacara Peringatan Hari Juang TNI AD

JAKARTA TIMUR, Karonesia.com –  Danrindam Jaya Kolonel Inf Suwondo, S.I.P., M.Han bertindak sebagai Inspektur Upacara pada acara peringatan Hari Juang TNI AD TA 2023 di lapangan Chandradimuka Rindam Jaya, Jumat (15/12/2023).

Upacara dimulai dengan pemeriksaan pasukan oleh Inspektur Upacara dan Komandan Upacara, dilanjutkan dengan penghormatan kepada Sempana Rindam Jaya Cipta Wira Yudha.

Dalam amanat dari Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. yang disampaikan oleh Danrindam Jaya Kolonel Inf Suwondo, S.I.P., M.Han, disebutkan bahwa tema dari Peringatan Hari Juang TNI AD kali ini adalah “TNI Bersama Rakyat bersatu dengan Alam untuk NKRI”.

Hal ini bermakna bahwa kemanunggalan TNI dengan rakyat harus terus diperkuat, kemampuan juga harus terus ditingkatkan, serta TNI harus berperan aktif dalam pelestarian alam.

Dalam menghadapi berbagai macam tantangan yang muncul di era globalisasi saat ini, TNI AD perlu terus meningkatkan kemampuannya. Peningkatan ini diperlukan untuk menghadapi ancaman yang semakin kompleks, seperti perang asimetris, perubahan iklim, dan potensi konflik sosial.

“TNI AD juga harus berperan aktif dalam pelestarian alam karena pelestarian alam adalah tanggung jawab bersama. TNI AD mempunyai kemampuan dan potensi yang besar untuk berperan aktif dalam pelestarian alam, seperti pencegahan dan penanggulangan bencana alam.” katanya.

Danrindam Jaya berharap bahwa TNI AD dapat selalu menjadi alat negara yang profesional, responsif, integratif, modern, dan adaptif, serta selalu siap untuk membela keutuhan NKRI.

Rangkaian kegiatan peringatan Hari Juang TNI AD TA 2023 meliputi acara doa bersama dan penanaman pohon oleh pejabat Rindam Jaya di sekitar lapangan tembak Rindam Jaya.

Pada upacara ini juga dibacakan Amanat Panglima Besar Jenderal Soedirman sebagai refleksi bagi seluruh prajurit TNI AD, dan diakhiri dengan menyanyikan lagu Hymne TNI Angkatan Darat. (#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *