Dandim Diwakili Kasdim 0510/Tigaraksa Hadiri Giat Sinergitas TNI – Polri Sukseskan Pemilu Damai 2024

KARONESIA.COM, Tigaraksa – Dandim diwakili Mayor Arh Didik Wahyudi Kasdim 0510/Tigaraksa, menghadiri kegiatan monitoring sinergitas Bhabinkamtibmas di wilayah Hukum Polresta Tangerang, di Aula Polres Kota Tangerang Jl Abdul Hamid No 8 Tigaraksa Pusat Pemerintahan, Kab Tangerang, Senin (22/01/2024).

Kegiatan yang diikuti ±230 orang digelar dalam rangka sinergitas TNI – Polri guna mensukseskan Pemilu damai Tahun 2024, dihadiri Kombespol Atot Irawan SIK.,MM, Dir binmas Polda Banten, Kombes Pol Baktiar Joko Mujiono,SIk.MM, Kapolres Kota Tangerang, AKBP Agus Sugiyarto,S.I.K, Wakapolres Kota Tangerang, Mayor Arh Didik Wahyudi Kasdim 0510/Tigaraksa, Kompol Kosasih Kabag Ops Polres Kota Tangerang, Danramil Jajaran Kodim 0510/Tigaraksa, Kapolsek Jajaran Polres Kota Tangerang, PJU Polresta Kota Tangerang, Babinsa Jajaran Kodim 0510/Tigaraksa dan Bhabinkamtibmas Jajaran Polres Kota Tangerang.

Dalam sambutannya, Kombes Pol Baktiar Joko Mujiono,SIk.MM, Kapolres Kota Tangerang menyampaikan pentingnya menjaga sinergitas antara Bhabinkamtibmas dan Babinsa dalam rangka mensukseskan pemilu damai 2024. Beliau menekankan bahwa anggota TNI dan Polri yang terlibat dalam PAM Pilpres memiliki kewajiban untuk menjaga netralitas, yang merupakan hal yang tidak dapat ditawar lagi.

Sementara itu, Kombes Pol Atot Irawan, Direktur Binmas Polda Banten, menyampaikan ucapan terima kasih dari Bapak Kapolda atas keberhasilan pelaksanaan kegiatan pengamanan, khususnya dalam pengamanan Nataru yang telah dilakukan secara bersama-sama dan berjalan dengan aman.

Baca Juga :  Panglima TNI Hadiri Rapat Koordinasi Tingkat Menteri Bahas Situasi Pasca Pemilu

Beliau juga menyampaikan bahwa tahun politik adalah tantangan yang setara dengan pertempuran di Medan. “Pengamanan kegiatan demokrasi masyarakat adalah bentuk konflik terkencang, yang dapat berhasil jika mendapatkan dukungan penuh dari TNI.” jelasnya.

Beliau juga menyebut bahwa kita telah menjaga nama baik institusi dan memberikan tali asih kepada Babinsa dan Bhabinkamtibmas. “Selain itu, Kapolda secara langsung bertemu dengan Kapolres dan Dandim, serta melakukan pertemuan dengan Kapolda Banten dan Pangdam III/Slw untuk memastikan kerjasama yang solid di antara mereka.” tambahnya.

Dikesempatan itu, Dandim diwakili oleh Kasdim 0510/Tigaraksa Mayor Arh Didik Wahyudi menjelaskan bahwa, sinergi antara TNI – dan Polri memiliki peran yang krusial dalam menjaga keamanan dan kelancaran Pemilu. “Dalam upaya memastikan Pemilu damai tahun 2024, TNI dan Polri bekerja sama dengan sinergi yang kuat untuk menghadapi tantangan-tantangan yang mungkin muncul.” katanya.

Baca Juga :  Danrem 052/Wkr Hadiri Buka Puasa Bersama Di Safari Ramadhan Provinsi Banten

Kebutuhan akan sinergi tersebut tak dapat dihindari, mengingat Pemilu adalah momen penting dalam kehidupan demokrasi negara. Pada tahun 2019, sinergi TNI-Polri telah berhasil membawa Indonesia melalui Pemilu yang berlangsung aman dan damai. Keberhasilan tersebut membuktikan bahwa kolaborasi antara dua institusi penting ini merupakan faktor utama yang mendukung kesuksesan Pemilu.

Pertama-tama, sinergi TNI-Polri dalam konteks Pemilu hadir melalui penegakan hukum yang adil dan tegas. Dalam menjalankan tugasnya, Polri bertanggung jawab untuk menegakkan hukum terkait Pemilu, termasuk memerangi tindak pidana pemilu seperti politik uang, kecurangan, dan provokasi yang dapat memicu konflik politik.

“Dalam hal ini, TNI memberikan dukungan dalam hal keamanan dan pencegahan potensi kerusuhan. TNI-Polri sudah membentuk tim gabungan yang berfungsi untuk meningkatkan koordinasi dan kerja sama di lapangan.” ujarnya.

“Salah satu kunci sukses yang penting adalah komunikasi yang efektif antara kedua belah pihak. TNI dan Polri perlu memperkuat koordinasi, pertukaran informasi, dan pembagian tugas demi mencapai target yang sama, yaitu pemilu yang bebas dari kekerasan dan kesalahan yang terorganisir.’ pungkasnya.(@2024/lingga)

(Sumber Kodim 0510/Tigaraksa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *