Ciptakan Rasa Aman Dan Nyaman, Koramil 14/Png Monitoring Saat Umat Budha Ibadah di Vihara

KARONESIA.COM, Tigaraksa – Anggota Koramil 14/Panongan dipimpin oleh Pelda Eko S Babinsa 1 Desa Ciakar bersama Iptu Iman Sodikin Kanit Intelkam Polsek Panongan dan Herman S.E Kasi Trantib Kec. Panongan melakukan monitoring dan pengamanan di beberapa vihara yang pada malam Perayaan Imlek ke-2575 di Wilayah Teritorial Koramil 14/Panongan.

Kegiatan tahun baru Imlek merupakan perayaan budaya yang penting bagi masyarakat Tionghoa yang diisi dengan kegiatan, seperti pembersihan rumah, dekorasi dengan warna merah dan ornamen-ornamen khas, pertemuan keluarga besar, memberikan amplop merah (angpao), serta menikmati makanan khas seperti kue-kue dan hidangan tradisional.

Ini adalah waktu untuk merayakan kesuksesan, keberuntungan, dan memulai tahun baru dengan semangat yang baru.

Untuk itu, dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman kepada umat Budha melaksanakan ibadahnya, pengamanan juga diberikan dari unsur  Koramil 14/Panongan, Polsek Panongan dan Trantib Kec. Panongan. Hal ini dilaksanakan untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi umat Budha saat melakukan ritual ibadah menyambut Imlek.

Baca Juga :  Koptu Sugeng Bersama Bhabinkamtibmas Hadiri Isro Mi'raj Nabi Muhammad SAW

Dijelaskan Pelda Eko S bahwa dalam pelaksanaan pengamanan, kita laksanakan di tiga tempat yaang melaksanakan ritual ibadah yaitu Vihara Caga Sasana, Klenteng Mandala Avalokitesvara di Jl. Vihara Caga Sasana RT 024 RW 03 Kampung Cukanggalih Ds. Ciakar Kec. Panongan dan Klenteng Khong-Tjoe-Miao (LITANG) Ciapus Kp. Ciapus Jl. Litang Rt./Rw 01/05, Desa Panongan.

” Ketiga tempat itu, melaksanakan ritual ibadah dengan kehadiran ±100 jemaatnya. Kehadiran kita dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman bagi saudara kita untuk melaksanakan ibadahnya,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa, Vihara Ariya Dipasena yang beralamat di Kp.Gunung Batu Ds. Rancaiyuh 12/03 Kec. Panongan tidak melaksanakan ibadah. “Ini kita terima informasinya langsung dari keterangan Romo /Bante Sunbih bahwa kegiatan Imlek tidak ada di vihara tersebut.

Baca Juga :  Pastikan Berjalan Tertib, Sertu Arifin Monitoring "Satgas Pangan Siaga Aksi Amankan Harga Pangan"

Sementara itu, Danramil 14/Panongan Kapten Irwanto menyatakan, kehadiran anggota TNI-Polri dan Satpol PP selain memonitoring keamanan, juga untuk memastikan perayaan Ibadah Imlek ke 2575 /2024 berjalan aman dan lancar.

“Selamat merayakan Tahun Baru Imlek Ke 2575 kepada seluruh umat Buddha yang merayakannya. Semoga di tahun baru Imlek ini, mari kita bersama-sama menciptakan pemilu 2024 yang aman dan damai”, ujar Danramil.(@2024/lingga)

Sumber Kodim 0510/Tigaraksa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *