Bintal Ideologi dan Kejuangan Bagi Prajurit, PNS dan Keluarga Besar Kodim 0505/JT

KARONESIA.COM, Jakarta Timur – Kodim 0505/Jakarta Timur melaksanakan kegiatan Pembinaan mental rohani, Ideologi dan Kejuangan yang dipimpin Dandim 0505/Jakarta Timur diwakili oleh Mayor Arh M Sianturi Danramil 01/Jatinegara yang digelar di Aula Makodim 0505/JT, Jakarta Timur, Senin (05/02/2024).

Dandim dalam penyampaiannya yang disampaikan oleh Danramil 01/Jatinegara Mayor Arh M. Sianturi menyatakan, kegiatan ini dalam rangka pembinaan mental rohani Ideologi dan Kejuangan untuk membentuk, memelihara dan memantapkan mental Prajurit, PNS dan anggota Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XIX Kodim 0505 Koorcab Rem 051 PD Jaya yang berdasarkan Pancasila, Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Panca Prasetya Korpri sehingga mampu menjaga silaturahmi dalam meningkatkan kinerja Satkowil.

“Bintal ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan keagamaan serta mental para prajurit TNI, PNS dan Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XIX Kodim 0505 beserta keluarga untuk menangkal segala pengaruh negatif yang datangnya dari luar organisasi yang kiranya dapat berpotensi untuk merusak mental para Prajurit, PNS dan keluarganya.” jelas Danramil.

Sementara itu, Letkol Inf Sofrianes Salam,S.Ag.,M.Han, Rohis Bintaldam Jaya dalam penyampaian materinya mengatakan, keutamaan menjaga silaturahmi adalah hikmah sedangkan keutamaan silaturahmi yaitu, bisa meningkatkan tali persaudaraan, karena sebagai manusia tidak terlepas dari salah dan khilaf.

Dalam materi pengertian globalisasi bahwa secara bahasa diartikan suatu proses yang mendunia antar sesama manusia saling terbuka dan bergantung satu sama lain tanpa batas waktu maupun jarak.

Saat revolusi industri terjadi antara tahun 1760-1850, di mana terjadinya perubahan secara besar-besaran di bidang pertanian, manufaktur, pertambangan, transportasi dan teknologi serta memiliki dampak yang mendalam terhadap kondisi sosial, ekonomi dan budaya di dunia sampai ke Indonesia.

Selanjutnya, Globalisasi juga memberikan Dampak positif yaitu  terjadinya perubahan tata nilai dan sikap, berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi tingkat kehidupan yang lebih baik.

Sedangkan Dampak Negatif yaitu pola hidup yang konsumtif sikap individualistik , cara hidup kebaratan serta kesenjangan sosial.

Rohis Bintaldam juga berharap kepada seluruh Prajurit, PNS dan Persit Kodim 0505/JT dapat meningkatkan mental Prajurit, sehingga bisa menserter (Menyaring).  Artinya, tidak hanya bidang agama, tetapi juga mental ideologi, kejuangan, psikologi dan pengaruh globalisasi sehingga kita menjadi paham dan dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Dengan demikian, dalam pelaksanaan tugas dapat berjalan sesuai dengan fungsinya. Adanya komunikasi yang baik antara pimpinan dan anggota serta dalam kehidupan rumah tangga, sehingga terjalin hubungan yang harmonis dalam kehidupan kita sebagai seorang Prajurit, sehingga terhindar dari berbagai pelanggaran,” tambahnya.

Hadir dalam kegiatan itu, Bintal Rohis Bintaldam Jaya Letkol Inf Sofrianes Salam, S.Ag.,M.Han, Danramil Jatinegara Mayor Arh M. Sianturi, Mayor Chb Asep Setiawan, Kapten Inf Hasim Ashari Hutabarat, Kapten Inf Hadi Sasmungi , Prajurit TNI, PNS dan Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XIX Kodim 0505. (@2024/lingga)

Sumber Kodim 0505/Jakarta Timur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *