Banjir Parah Melanda Barsela Aceh, Danrem 012/TU Tinjau Langsung Ke Lokasi

Aceh Selatan, Karonesia.com – Intensitas hujan yang tinggi telah menyebabkan banjir di beberapa daerah di Barsela Aceh. Permukiman warga dan jalan nasional telah tergenang air di Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Selatan, dan Subulussalam.

Pada Rabu malam (23/11/2023), Danrem 012/TU Kolonel Inf Riyanto, S.IP beserta pejabat Korem 012/TU meninjau lokasi bencana di Aceh Selatan dan Subulussalam. Kegiatan ini terintegrasi dengan kunjungan kerja ke satuan jajaran Barat-Selatan Aceh.

Diketahui bahwa banjir parah terjadi pada Senin (20/11) lalu di Kabupaten Aceh Selatan dan Kota Subulussalam. Titik pertama yang ditinjau oleh Danrem adalah di Desa Ladang Rimba, Kecamatan Trumon, dan titik kedua adalah di Desa Suka Maju, Kecamatan Sultan Daulat.

Saat memantau lokasi, ratusan rumah telah rusak dan arus lalu lintas di ruas jalan Aceh Selatan – Kota Subulussalam macet parah. Material lumpur setebal 5-15 cm menyebabkan kemacetan sekitar 1 km.

Pemerintah Daerah melalui BPBD Aceh Selatan telah menyediakan alat berat untuk membersihkan lumpur dengan dibantu oleh anggota Babinsa Kodim 0107/Aceh Selatan.

Di lokasi, masyarakat sedang melakukan pemindahan barang dan pembersihan lumpur. Masyarakat meminta pengguna jalan untuk sementara waktu tidak melintasi kawasan yang tergenang air karena arus deras.

Berdasarkan keterangan, warga sangat mengharapkan dan membutuhkan adanya bantuan air bersih dan logistik.

Danrem 012/TU Kolonel Inf Riyanto, S.IP telah memerintahkan Komandan Satuan di wilayahnya untuk segera mengambil tindakan cepat dan membantu masyarakat terdampak. Selanjutnya, mereka akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.(Lingga@2023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *