Seminar Nasional TNI AL, Armada RI Dukung Kekuatan Laut Nusantara

Jakarta Pusat, Karonesia.com – Dalam menyambut Hari Armada ke-78 TNI Angkatan Laut (TNI AL), Komando Armada Republik Indonesia (Koarmada RI) mengadakan seminar nasional 2023 dengan tema “Koarmada RI Mendukung Kekuatan Laut Nusantara Terus Melaju Bersama Untuk Indonesia Maju”.

Seminar tersebut diselenggarakan di GOR O.B. Syaaf, Markas Komando (Mako) Koarmada RI, Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Jumat (17/11/2023).

Dalam sambutan Kasal Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali yang dibacakan oleh Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Erwin S. Aldedharma, menyampaikan bahwa pelaksanaan seminar nasional ini merupakan refleksi dari pelaksanaan tugas Koarmada RI yang bertindak sebagai komponen utama kekuatan laut nusantara.

Dikatakannya, tujuan dari seminar ini adalah sebagai sarana untuk menerima saran dan masukan dalam membangun kapasitas dan kapabilitas, serta untuk menginisiasi serta menginspirasi kekuatan laut lain dalam rangka mewujudkan Indonesia maju.

“Melalui acara ini, para pemangku kepentingan seperti pemerintah, akademisi, komunitas masyarakat, dan media kemaritiman dapat memberikan sumbangsih pemikiran dan solusi yang efektif dan efisien dalam mengatasi potensi ancaman dan masalah kemaritiman. Hal ini bertujuan untuk menjaga stabilitas keamanan nasional demi mewujudkan Indonesia maju,” ujar Kasal.

Seminar nasional yang diadakan baik secara tatap muka maupun daring itu menghadirkan Keynote Speaker dari Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono yang diwakili oleh Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I, Laksda TNI Agus Hariadi.

Sejumlah pembicara juga dihadirkan pada seminar ini, seperti Plt. Asisten Deputi Keamanan dan Ketahanan Maritim Deputi Bid. Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kemenko Marvest Dr. Adriani Kusumawardani, yang memberikan materi mengenai prioritas yang akan dicapai dalam membangun ekosistem industri maritim dengan melibatkan seluruh potensi kekuatan laut Nusantara dalam rangka mendukung Indonesia maju.

Selain itu, Koordinator Tim Ahli Sekretariat Nasional SDGs Kementerian PPN/Bappenas Bapak Yanuar Nugroho memberikan penjelasan mengenai dampak kolaborasi penegakkan hukum di laut bagi dunia usaha dan investasi kemaritiman di Indonesia saat ini dan yang akan datang.

Rektor Jurusan Hubungan Internasional di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Yogyakarta, Dr. Nikolaus Loy, juga menghadirkan penjelasan mengenai peran media dalam collaborative governance unit untuk mempersatukan seluruh potensi kekuatan maritim baik itu unsur pemerintah maupun non-pemerintah dalam mewujudkan visi Indonesia maju.(#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *