Pengungsi Rohingya Merambah ke Sumut, Pangdam I/BB Lapor ke Panglima TNI

KARONESIA.COM, Medan – Pengungsi asal Rohingya tidak hanya membanjiri wilayah Aceh dan Pulau Sabang, tetapi juga sudah merambah ke Provinsi Sumatera Utara di bagian Pantai Timur.

Sabtu malam (30/12/2023) pukul 23.00 Wib, sebanyak 147 pengungsi Rohingya tersebut telah mendarat di Pantai Mercusuar Karang Gading, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deliserdang.

Hal ini disampaikan Pangdam I/BB, Mayjen TNI Mochammad Hasan kepada Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto saat zoom meeting PAM Malam Tahun Baru 2024 dari Lapangan Benteng Medan, Minggu malam (31/12/2023).

“Pada kesempatan ini, mohon izin kami menyampaikan bahwa semalam pukul 23.00 Wib tanggal 30 Desember, kami menerima informasi telah mendarat 147 pengungsi Rohingya,” kata Mayjen Hasan kepada Panglima TNI.

Mayjen Hasan juga melaporkan, kedatangan pengungsi Rohingya ke wilayah Sumut, sepertinya sudah menjadi pola baru.

“Mereka yang selama ini masuk ke Aceh atau ke Sabang, sekarang sudah mulai masuk ke wilayah kami di Pantai Timur Sumatera Utara,” terang Pati TNI AD abituren Akmil 1989 itu.

Baca Juga :  HUT Bhayangkara ke-78, Danrem 052/Wkr Geruduk Polres Metro Kota Tangerang

Dari 147 pengungsi Rohingya itu, lanjutnya, 53 orang di antaranya laki-laki dewasa, 39 perempuan dewasa, 25 anak laki-laki dan 30 anak perempuan.

Saat ini, seluruh pengungsi Rohingya itu ditempatkan di sebuah teluk yang tidak berhubungan langsung dengan masyarakat.

Jenderal bintang dua berkualifikasi Komando itu menambahkan, kondisi seluruh pengungsi Rohingya itu, dalam keadaan baik. Masyarakat sekitar juga mendukung logistik untuk mereka.

Bahkan, Danlantamal I Belawan, Kapolresta Deliserdang serta Dandim 0204/DS dan pihak terkait, telah mengecek langsung kondisi para pengungsi tersebut pada Minggu pagi (31/12/2023).

“Alhamdulillah kondisi mereka berada di satu teluk yang tidak berhubungan langsung dengan masyarakat, harus menggunakan perahu menuju ke tempat mereka. Sementara logistik saat ini didukung oleh masyarakat,” urai Mayjen Hasan.

Seluruh keterangan Mayjen Hasan pada zoom meeting bersama Panglima TNI dan Kapolri itu, turut didengar oleh Pj Gubsu, Hassanudin, Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, serta unsur Forkopimda Sumut lainnya.

Baca Juga :  Jajaran Koramil 01/Tgr Kawal Pergeseran Logistik Pemilu 2024

Patroli Malam Tahun Baru

Usai zoom meeting, Mayjen Hasan bersama Forkopimda Sumut dan

Kota Medan, melakukan patroli malam tahun baru ke sejumlah Pos Pengamanan dan Pelayanan di seputar Kota Medan.

Patroli keliling menggunakan kendaraan roda dua jenis trail, dan motor matic. Di setiap pos yang disambangi, Mayjen Hasan bersama rombongan mengecek protap pengamanan kepada personil gabungan TNI-Polri dan perangkat pemerintahan yang berjaga.

Selain itu, kepada personil yang berjaga dan bersiaga, diingatkan untuk bersikap humanis serta menghindari tindakan arogan kepada warga masyarakat yang merayakan malam pergantian tahun.

Sebagai penutup dari kegiatan patroli keliling itu, Mayjen Hasan beserta unsur Forkopimda memberikan bingkisan “Selamat Tahun Baru” kepada personil yang berjaga.

Tampak Danlantamal I Belawan, Dankosek I Medan, Kabinda Sumut, Kajatisu, Ketua DPRD Sumut dan PJU dari Kodam I/BB, Poldasu serta Pemprovsu dan Pemko Medan, ikut dalam rombongan patroli.(#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *