Pastikan Kualitas Air Bersih Terjaga Di Makoramil, Anggota Koramil 08/Pml Rutin Kontrol Dan Rawat Instalasinya

TANGERANG, Karonesia.com – Tentara memegang peran penting dalam menjaga keselamatan dan kedaulatan negara Indonesia. Mereka selalu siap sedia mengabdi dan membela kemanusiaan serta wilayah negara. Namun, tugas mereka tak sebatas melindungi wilayah dan menciptakan ketentraman bagi masyarakat. Terdapat hal lain yang tak kalah penting, yaitu memastikan bahwa sumber daya alam tetap terjaga ketersediaannya untuk dapat menjaga segenap aset negara yang ada.

Ini menjadi salah satu alasan mengapa anggota Koramil memegang peran penting dalam menjalankan tugas-tugas di wilayahnya. Sebagai salah satu satuan teritorial TNI, Koramil 08/Pmp Kodim 0506/Tangerang, secara rutin merawat dan memelihara pangkalan termasuk kebutuhan air bersih.

Hal ini ditunjukkan dengan pengontrolan dan pengecekan instalasi air bersih oleh anggota Koramil 08/Pml di Makoramil Pamulang dengan tujuan menjaga ketersediaan air bersih yang baik dan berkualitas.

Baca Juga :  Yonif 201/JY Ikuti Latihan Terintegrasi Penyiapan Pengamanan Pilkada DKI Jakarta 2024

Mayor Chb. Sutisna, Danramil 08/Pml, mengatakan bahwa setiap anggota Koramil bertanggung jawab atas menjaga ketersediaan air bersih.

“Anggota secara rutin melakukan kontrol terhadap persediaan air termasuk melakukan pengujian terhadap kualitas air yang dihasilkan oleh sumur tersebut guna memastikan kualitas air yang diperoleh terjaga dan masih dapat dikonsumsi,” jelasnya kepada media pada hari Kamis (07/12/2023).

Selain tugas pengontrolan dan pengecekan kualitas air, para anggota Koramil juga bertugas mengontrol terhadap jumlah air yang tersedia dan merawat instalasinya, serta mengecek ketersediaan air bersih di Makoramil.

Namun, tugas mereka tak sampai di situ. Anggota Koramil juga memastikan pemeriksaan dan pemeliharaan terhadap sistem pengolahan air bersih yang dimiliki oleh Pangkalan Makoramil, seperti bak penampungan air.

Baca Juga :  Kodim 0506/Tgr Gelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tutup Buku 2023 Primkop Sidayaguna

“Bukan hanya melakukan pengontrolan, namun juga pemeliharaan dan pemantauan terhadap kondisi lingkungan serta menjaga area sekitar Pangkalan Makoramil agar selalu bersih dan terhindar dari pencemaran yang dapat mempengaruhi kualitas air,” pungkas Mayor Chb. Sutisna.

Dengan tindakan pencegahan yang rutin dilakukan oleh para anggota Koramil, diharapkan ketersediaan air bersih tetap terjaga dengan baik dan berkualitas. Hal ini membuktikan bahwa TNI sebagai garda terdepan negara tak hanya menjadi penjaga keamanan dan ketertiban negara, namun juga menjaga kelestarian sumber daya alam di pangkalannya.(#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *