Mewakili Dandim, Mayor Kav M Bakir Rapat Forkopimda

KARONESIA.com, Tigaraksa – Mewakili Dandim 0510/Tigaraksa Letkol Arh Syarief SB, Mayor Kav M. Bakir Danramil 04/Cikupa mengikuti Rapat Forkopimda, Kabupaten Tangerang yang dalam rangka Pemantauan Ketersediaan Bahan Pokok dan Arus Mudik Menjelang Idul Fitri 1445 H / Tahun 2024 di Gedung Serba Guna Pemda Kabupaten Tangerang, Kamis (28/03/2024).

Dalam sambutannya, Dr. Andi Ony Prihartono S.M. SI PJ Bupati Kabupaten Tangerang menyatakan bahwa waktu terus berjalan dan diharapkan proses pelatihan akan berjalan lancar selama satu bulan. Pada saat evaluasi oleh pejabat kepala daerah dan Presiden, terdapat arahan untuk melakukan pengendalian inflasi dengan menstabilkan harga beras yang saat ini mengalami kenaikan, bukanlah stabilisasi harga yang diinginkan.

Dalam rangka untuk mempercepat pendistribusian beras dengan stok yang tersedia melalui proses operasi pasar guna menstabilkan harga, bapak Mendagri menekankan agar pemerintah daerah dapat mendengar laju inflasi saat lebaran melalui beberapa strategi, yaitu menjaga harga layanan transportasi, penanganan gejolak harga pangan, memanfaatkan program gerakan pangan murah, dan inisiasi oleh Bapanas. Selain itu, dalam rangka mendukung daya beli masyarakat, strategi lainnya juga harus dilakukan.

“Pemantauan ketersediaan bahan pokok dan arus mudik lebaran menjelang hari raya Idul Fitri selanjutnya saya akan meminta kesediaan dengan hormat kepada Kepala dinas perindustrian dan perdagangan, Dishub Kabupaten Tangerang, dan Polres untuk menyampaikan paparannya terkait dengan bagaimana pemantauan dan ketersediaan bahan pokok menjelang hari raya Idul Fitri 1446 Hijriah,” pinta Bupati Tangerang.

Sementara itu, Indag Kabupaten Tangerang menyampaikan bahwa pengendalian dan stabilisasi harga beras penting dilakukan untuk menjaga ketersediaan stok serta bahan pokok menjelang hari raya Idul Fitri.

Saat ini, ketersediaan beras medium untuk cadangan pangan pemerintah adalah 8.116 ton dari Bulog cabang-cabang Tangerang dengan PSO. Sementara itu, beras komersial sebanyak 15.962 ton menjadi ketersediaan utama dengan 420 distributor cabang Tangerang dan di dinas pertanian.

Adapun, ketersediaan gula pasir lokal saat ini adalah 2.826 ton yang bersumber dari distributor cabang Tangerang menjelang Idul Fitri dan masih dalam kondisi aman.

Sementara, Danramil 04/Cikupa Mayor Kav M Bakir menambahkan, dirinya selaku aparat TNI terus melakukan pendampingan operasi-operasi pasar yang dilakukan pemerintah, baik melalui Indag ataupun Bulog di pasar – pasar tradisional.

“Kondusifitas di wilayah perlu juga di perhatikan terlebih saat bahan Sembako terus naik saat menjelang lebaran idul Fitri 2024 ini, penyaluran tepat sasaran juga perlu di hitung agar tidak adanya kesenjangan,” paparnya.

Hadir dalam kegiatan, Dr. Andi Ony Prihartono S. M. SI , PJ Bupati Kabupaten Tangerang, H.Syaefulloh Asda 2 Kab Tangerang, AKP Fery D.P. Waksatlantas mewakili Polres Kota Tangerang, Kompol Rio Mikael Tobing mewakili Polres Metro Tangerang Kota, AKP Iskandar mewakili Polres di Kota Tangerang Selatan, Chistoper B Sinaga Kasub Intel Kejaksaan Negeri Kab Tangerang, Drs. H. Achmad Taufik, M.Si Kadishub Kab. Tangerang, Rudi Lesmana, M.Si Ka Kesbangpol Kab. Tangerang, Dr. Endang Widianingsih Dirut RSUD Tangerang, Dr. Corah Usman Dirut RSUD Balaraja, Para OPD Kab.Tangerang dan Para Kepala Bagian Lingkup Setda Kabupaten Tangerang.(@2024/lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *