Khotib Pelda Enday Sampaikan 4 Amalan Setara Ibadah Haji

KAROnesia.com, Tigaraksa – Masjid Nurul Ma’ruf Kp. Ciakar Desa Ciakar Kecamatan Panongan Kabupaten Tangerang, Jumat (17/05/2024) menjadi saksi dari moment yang cukup unik. Seorang Babinsa Koramil 14/Panongan Kodim 0510/Tigaraksa, Pelda Enday menjadi Khotib Sholat Jumat.

Ternyata ini bukan sekali ini, Pelda Enday diberikan kepercayaan untuk mengisi khutbah Jumat, tetapi sudah sering beliau diberikan percayaan sebagai bentuk dukungan dalam meningkatkan ketaqwaan umat.

Dalam kesempatan tersebut, dengan tema 4 Amalan yang setara dengan ibadah haji, Khotib Pelda Enday mengatakan, ke 4 amalan yang setara dengan ibadah haji, bisa dilakukan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja.

“Empat amalan tersebut adalah sholat 5 waktu berjamaah di Masjid, pergi ke Masjid dengan niat mencari ilmu, zikir setelah sholat berjamaah Subuh, dan berbakti kepada kedua orang tua.” katanya.

Ia menjelaskan bahwa, amalan pertama, sholat 5 waktu berjamaah di Masjid menjadi amalan yang sangat penting. Shalat adalah tiang agama yang paling utama. Shalat berjamaah di Masjid akan menambah pahala dan mempererat tali silaturahmi dengan sesama muslim.

Baca Juga :  Antisipasi Banjir di Bulan Ramadhan, Babinsa Pembersihan Sampah

Amalan kedua adalah pergi ke Masjid dengan niat mencari ilmu. Kegiatan belajar agama sangat penting sebagai upaya untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Saat menghadiri kajian di Masjid, kita bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan akan membawa kita lebih dekat dengan Allah.

Amalan ketiga adalah zikir setelah sholat berjamaah Subuh. Zikir merupakan kegiatan mengingat Allah. Setelah sholat Subuh, kita disarankan untuk berzikir dan berdoa agar Allah memberikan rizki dan hidayah bagi kita.

“Amalan keempat yang juga setara dengan ibadah haji adalah berbakti kepada kedua orang tua. Orang tua adalah amanah dari Allah SWT dan atas wajib kita untuk berbakti kepada mereka. Berbakti pada orang tua akan mempererat hubungan antar keluarga dan mendatangkan pahala yang besar.” katanya.

“Jadi, meskipun keinginan untuk melaksanakan ibadah haji belum terpenuhi, kita masih bisa melakukan amalan-amalan tersebut sebagai pengganti untuk mendapatkan pahala yang sama dengan ibadah haji. Mari kita perkuat iman dan taqwa kita dengan melakukan amalan-amalan tersebut secara rutin dan ikhlas untuk mendekatkan diri kita kepada Allah SWT., “ujar Pelda Enday diakhir khotbah Jumat.

Baca Juga :  Cegah Demam Berdarah, Babinsa Koramil Jatinegara Bersama Puskesmas Lakukan Fogging

Ditempat terpisah, Danramil 14/Panongan Kapten Irwanto menyatakan, bahwa tugas sebagai seorang anggota TNI sejatinya adalah untuk menyelamatkan dan mengayomi rakyat, yang salah satunya dilakukan melalui penguatan spiritualitas.

“Meskipun Babinsa Pelda Enday bukanlah seorang tokoh agama yang biasanya memimpin khutbah di Masjid, namun kehadirannya sebagai Khotib Jumat merupakan bentuk dukungan dan upaya nyata dalam meningkatkan ketaqwaan umat dan mempererat persatuan.” ujar Danramil.

“Khutbah yang disampaikan Babinsa Pelda Enday memberikan nilai-nilai yang sangat penting bagi kemajuan dan keberlangsungan masyarakat, terutama di dalam memperkokoh nilai-nilai keagamaan dan persatuan.” pungkas Danramil.(@2024/lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *