Gempa Bumi Tektonik M 4,8, Dirasakan Di Wilayah Bali Dan Lombok (NTB)

KARONESIA.COM, Jakarta – Wilayah Bali dan Lombok diguncang gempa bumi tektonik sekitar pukul 22.41.28 WITA, Kamis (25/01/2024) yang berdasarkan hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=4,8. Episenter terletak pada koordinat 8,99° LS; 115,69° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 55 km Tenggara Kuta Selatan, Bali pada kedalaman 101 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya deformasi batuan dalam lempeng (intra-slab) Indo-Australia yang tersubduksi dibawah lempeng Eurasia.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik dengan kombinasi mendatar (oblique thrust fault ).

Baca Juga :  300 Rumah Terendam Banjir Di Cilandak Timur, Dandim 0504/JS Evakuasi Warga

Dampak gempa bumi, berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan nyata dalam rumah, seakan – akan  ada truk berlalu dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Ini dirasakan di wilayah,
• Kota Mataram, Lombok Timur, Lombok Barat, Lombok Tengah III MMI,
• Kuta, Kuta Selatan, Tabanan, Klungkung, Bangli, Gianyar, Karangasem, Denpasar II-III MMI, dan  • Lombok Utara, Sumbawa Barat II MMI.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempabumi tektonik menunjukkan bahwa gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI.

Hingga hari Kamis, 25 Januari 2024 pukul 22.55 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 1 (satu) aktivitas gempa bumi susulan ( aftershock ).(@2024)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *