Babinsa Desa Cisoka Pantau Kondisi Pompa Air Sawah, Demi Kepentingan Petani Desa Karang Harja

KARONESIA.com, Tigaraksa – Tanaman padi salah satu tanaman yang membutuhkan banyak air khususnya
diawal masa tanam hingga ke menjelang bulir – bulir padi mulai keluar. Untuk memastikan kondisi tanaman padi tidak kekurangan air, Babinsa Desa Cisoka rutin memantau dan memeriksa kondisi pompanisasi yang dipergunakan untuk mengairi persawahan di wilayah Desa Karang Harja Kec Cisoka Kab.Tangerang, Jumat (05/04/2024).

Sertu Rubi Herlan Babinsa memeriksa kondisi 2 unit pompa Existing, apakah berfungsi dalam kondisi baik atau tidak. Ini dilakukannya mengingat fungsi pompa tersebut sangat vital untuk mengairi persawahan.

Dijelaskan Babinsa bahwa, keberadaan dua unit pompa Existing itu, dapat mengairi persawahan seluas 5000 m². ” Alhamdulillah, setelah diperiksa pompa air dalam kondisi bagus dan menurut petani yang sedang mengawasi tanaman padinya, pompa air tidak digunakan hari ini, mengingat tanaman padi mulai memasuki musim panen.” ujarnya saat mendampingi petani melihat kondisi tanaman padi.

Menurutnya, keberadaan pompanisasi sangat membantu para petani untuk mempertahankan tanaman padi dalam memenuhi kebutuhan pengairan, tidak harus menunggu hujan turun.

“Tanaman padi di saat masa pertumbuhan, memerlukan pasokan air yang banyak. Bila tidak tercukupi akan mengakibatkan kegagalan panen, sehingga petani akan mengalami kerugian,” ungkap.

Sementara itu, pemilik lahan menyampaikan terimakasih kepada Babinsa Sertu Rubi Herlan yang telah membantu dalam mengairi sawahnya dengan memantau setiap saat kondisi pompa air yang ada di sini.

“Terimakasih Pak Babinsa yang telah sudi membantu kami, petani disini untuk memastikan kondisi pompa air untuk sawah kami. Semoga dengan terjaganya kondisi pompa air yang membantu mengairi sawah di sini, tanaman padi tercukupi pasokan airnya. Mudah – mudahan hasil produksi pertanian dapat meningkat,” tuturnya.

Ditempat terpisah, Danramil 13/Cisoka Kapten Chb Jitu Arman sinaga mengatakan, dengan adanya mesin pompa air ini sangat membantu masyarakat dalam penyediaan air khususnya bagi para petani.

“Hasil pengecekan kondisi mesin pompa air tersebut dalam kondisi baik dan mampu menyuplai air ke areal persawahan sekitarnya jika diperlukan,” pungkasnya.(@2024/lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *