Aksi Cimic Indobatt XXIII-R Ditengah Situasi Konflik, Beri Layanan Kesehatan Gratis Kepada Masyarakat Lebanon

KAROnesia.com, Lebanon Selatan – Prajurit Satgas Konga XXIII-R/UNIFIL dalam hal ini Tim Cimic (Civil Military Coordination) dan Tim Kesehatan menggelar kegiatan Medical Camp dalam rangka memberikan pelayanan medis kepada warga lokal di Desa Suwanan, Lebanon Selatan, Selasa (17/09/2024).

Kasi Cimic Mayor Chk Eka Yudha Kurniawan, S.H., M.H. sebagai koordinator kegiatan tersebut menyampaikan,
“Medical Camp merupakan salah satu program Cimic Satgas TNI Konga XXIII-R/UNIFIL yang dilaksanakan di desa-desa binaan Indobatt (Indonesia Battalion), salah satunya desa Suwanan. Medical Camp juga sebagai bentuk kepedulian Kontingen Garuda kepada warga di wilayah AOR (Area of Responsibility) guna menjalin silaturahmi yang baik antara Satgas Indobatt dengan warga lokal”, terang Kasi Cimic.

Baca Juga :  Komsos Danramil 08/Pamulang: Perkuat Sinergi TNI, Polri, dan Masyarakat Ciptakan Kondusifitas

Sementara itu menurut Lettu Ckm dr. Putri selaku dokter Satgas, bahwasanya program Medical Camp yang dilaksanakan Tim Kesehatan Satgas sebelumnya telah mendapatkan persetujuan dari otoritas lokal setempat, sehingga mendapatkan antusias warga setempat yang sebagian besar adalah lanjut usia dan anak-anak.

“Medical Camp merupakan upaya Satgas guna memberikan pelayanan medis kepada penduduk setempat dikarenakan keterbatasan rumah sakit di daerah misi, saya juga bersama rekan saya Letda Ckm dr. Yuanita dan beberapa paramedis dalam kegiatan ini” tutur Lettu Ckm dr. Putri.

Mr. Ismail Abdul Hasan Hammadeh Mayor desa Suwanan mewakili masyarakat setempat, mengucapkan terima kasih atas adanya kegiatan pengobatan gratis ini. Masyarakat juga menganggap Satuan tugas Indobatt sebagai saudara mereka sendiri karena selalu membantu, ramah, dan menyapa dengan murah senyum kepada masyarakat sekitar.

Baca Juga :  Kemungkinan Kerjasama, ASEAN Dan EAUE Yang Dapat Ditingkatkan

Untuk mendukung kegiatan ini khususnya komunikasi dengan pasien yang datang, tim dokter dan paramedis Satgas dibantu oleh seorang Language Assistance (Interpreter) Mrs. Nashima yang membantu menghubungkan komunikasi diantara dokter dan kliennya.

Dengan dilaksanakannya kegiatan Medical Camp secara rutin oleh Kontingen Garuda XXIII-R/UNIFIL di wilayah AOR secara berganti-ganti tempat, maka masyarakat akan mendapatkan akses kesehatan yang lebih mudah.

“Hal tersebut juga merupakan komitmen UNIFIL dalam upaya meningkatkan taraf hidup masyarakat lokal di Lebanon Selatan”, tutup Kasi Cimic.(@lingga_2024)

Pen Satgas Indobatt XXIII-R

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *