Kunjungan BKSAP DPR ke Kazakhstan: Meningkatkan Kerja Sama Ekonomi

Jakarta, Karonesia.com – Pada tanggal 16-17 November, Delegasi Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI melakukan kunjungan diplomasi parlemen ke Kazakhstan dengan tujuan mendukung peningkatan kerja sama ekonomi kedua negara.

Dalam pertemuan tersebut, kedua pihak sepakat untuk menunjang peningkatan kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan dalam rangka meningkatkan perdagangan, menarik investasi bersama, meningkatkan potensi pariwisata serta mempertajam komunikasi antar bisnis. Selain itu, delegasi juga mendorong gencatan senjata dan perdamaian terkait konflik Israel-Palestina. Informasi tersebut didapat dari keterangan KBRI Astana di Jakarta, Senin (20/11/2023).

Wakil Ketua BKSAP, Gilang Dhielafararez memimpin delegasi yang terdiri dari Ketua BKSAP, Fadli Zon, Wakil Ketua BKSAP Achmad Hafisz Tohir serta anggota BKSAP, Irine Yusiana Roba.

Delegasi BKSAP dan Dubes RI untuk Kazakhstan, M. Fadjroel Rachman diterima oleh Ketua Komite Urusan Luar Negeri, Pertahanan dan Keamanan DPR Kazakhstan, Aigul Kuspan di gedung DPR Kazakhstan.

Seperti dikutip dari Antara, Senin (20/11/2023), Wakil Ketua BKSAP Dhielafararez mengapresiasi kerja sama antar kedua negara yang sudah terjalin selama 30 tahun hubungan diplomatik.

Sementara itu, Kuspan menekankan bahwa Indonesia sebagai mitra politik dan ekonomi utama Kazakhstan di Asia Tenggara.

Menurut Kuspan, kunjungan persahabatan Delegasi BKSAP DPR RI akan berkontribusi pada intensifikasi hubungan bilateral Indonesia dan Kazakhstan.

Delegasi BKSAP dan Dubes Fadjroel juga melakukan pertemuan dengan Deputi Menteri Luar Negeri Kazakhstan Roman Vassillenko. Mereka sepakat pentingnya menjaga kerja sama antar parlemen yang erat melalui kegiatan saling berkunjung dan peningkatan kerja sama bilateral di bidang ekonomi, investasi, energi, mineral dan pariwisata.

Kedua pihak juga sepakat tentang perlunya penyelesaian segera draf perjanjian kerja sama di bidang promosi dan investasi serta perjanjian di bidang penghindaran pajak berganda.

Dubes Fadjroel menyampaikan apresiasi dan berterima kasih atas kunjungan BKSAP DPR RI yang menunjukkan eratnya persahabatan dan kerja sama parlemen antara Indonesia dan Kazakhstan.

“Saya percaya bahwa diplomasi parlemen merupakan bagian dari multitrack diplomacy yang esensial dalam memberikan dorongan penguatan bagi kerja sama bilateral kedua negara di berbagai bidang”, kata Fadjroel.(#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *