Ketua MPR RI Bamsoet Apresiasi Keberhasilan Uji Terbang “EHang 216” Tanpa Awak

JAKARTA, Karonesia.com – Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo, memberikan apresiasi atas keberhasilan uji terbang kendaraan udara otonom ‘taksi terbang‘ tanpa awak, EHang 216, di Bandar Udara Budiarto, Curug, Tangerang, Rabu (6/12/2023).

EHang 216 melakukan uji terbang tersebut dibawah pengawasan Kementerian Perhubungan RI serta disaksikan Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN, Prof. Ali Berawi.

Menurut Bamsoet, Ehang selanjutnya akan mempersiapkan ground breaking pembangunan helipad Ehang di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan melakukan uji terbang disana. Ground breaking tersebut ditargetkan bersamaan dengan ground breaking pembangunan berbagai fasilitas IKN yang akan dilakukan Presiden Joko Widodo pada akhir Desember 2023.

Kehadiran Ehang di IKN diharapkan bisa mewujudkan ekosistem transportasi modern serta elektrik dan bebas polusi sebagai moda transportasi masa depan yang sesuai dengan keinginan Presiden Joko Widodo tentang transportasi yang futuristik untuk IKN.

CEO Prestige Motorcars Rudy Salim turut hadir dalam acara tersebut yang mendatangkan Ehang ke Indonesia. Sedangkan jajaran Ehang yang hadir antara lain, Head of Asia Pacific Region EHang Intelligent Equipment Bill Choi, serta Chief Engineer Andrew.

Bambang Soesatyo juga menjelaskan bahwa setelah sukses melakukan uji terbang tanpa penumpang di berbagai lokasi daerah, Ehang selanjutnya akan melakukan uji terbang menggunakan penumpang. Ehang telah mendapatkan type certificate (TC) pertama di dunia untuk pesawat lepas landas dan pendaratan vertikal listrik tak berawak (eVTOL). TC eVTOL tersebut dikeluarkan secara resmi oleh Administrasi Penerbangan Sipil Tiongkok (Civil Aviation Administration of China/CAAC) pada 13 Oktober 2023.

Menurut Bamsoet, hal ini menunjukkan bahwa desain model Ehang telah sesuai dengan standar keselamatan dan persyaratan kelaikan udara CAAC. Selain itu, Ehang juga telah memenuhi syarat untuk melakukan operasi komersial UAV (unmanned aerial vehicle/kendaraan udara tanpa awak) pengangkut penumpang.

Bambang Soesatyo selaku Ketua Dewan Pembina Depinas SOKSI dan Kepala Badan Polhukam KADIN Indonesia menjelaskan bahwa sejak CAAC secara resmi menerima aplikasi EH216-S TC EHang pada Januari 2021, tim EHang bekerja sama dengan CAAC mulai memvalidasi dan memverifikasi teknologi mutakhir dari pesawat tersebut.

EH216-S telah divalidasi secara menyeluruh dan ketat melalui lebih dari 500 item pengujian khusus dan lebih dari 40.000 penerbangan uji coba, serta uji validasi kesesuaian formal yang mencakup 65 kategori utama dan lebih dari 450 item pengujian individual.

Tim EHang telah bekerja keras mengatasi semua jenis kesulitan dan tantangan untuk mendapatkan TC dari CAAC. Keberhasilan memperoleh TC eVTOL membuktikan bahwa tim EHang mampu merancang, mengembangkan, dan membuat produk eVTOL tak berawak yang matang secara mandiri.

Bambang Soesatyo menyatakan bahwa IMI akan membantu Kementerian Perhubungan untuk menyiapkan regulasi dan rekomendasi kebijakan terkait pemanfaatan teknologi terkini pada sistem pesawat udara tanpa awak maupun pesawat udara berawak di Indonesia. Hal tersebut juga terkait persiapan menyukseskan transportasi futuristik di kawasan IKN. (#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *