Danrem 012/TU: Food Estate Festival Mendorong Ketahanan Pangan dan Ekonomi Lokal

Meulaboh, Karonesia.com – Suasana meriah terlihat di lapangan Teuku Umar, Jl. Merdeka, Gp. Suak Indra Puri, Kec. Johan Pahlawan, Kab. Aceh Barat, Selasa malam (22/11/2023), ketika Food Estate Festival Korem 012/Teuku Umar resmi dibuka. Acara pembukaan dihadiri oleh Pj. Gubernur Aceh yang diwakili oleh Kepala Dinas Peternakan Aceh, Zulsufran, S.T. M.Si, dan sejumlah Pj. Bupati dan unsur Forkopimda Barat Selatan Aceh, Walikota Sabang, dan unsur Forkopimda Sabang.

Tampak hadir Kasrem 012/TU, para Komandan Satuan (Dansat) jajaran Korem 012/TU, Kepala Dinas Provinsi Aceh dan Kabupaten Aceh Barat, Rektor UTU, Rektor STAIN, lembaga vertical, Pimpinan perusahaan BUMN dan BUMD, serta tamu undangan lainnya pada acara pembukaan ini.

Dalam sambutannya, Danrem 012/TU Kolonel Inf Riyanto, S.I.P mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang berpartisipasi sehingga festival ini dapat berjalan lancar. Pasca pandemi Covid-19, perkonomian mengalami tekanan dan menjadi tantangan utama. Oleh karena itu, Presiden RI menekankan pada Rapat Pimpinan (Rapim) TNI untuk menciptakan percepatan pertumbuhan ekonomi pasca Covid-19 dengan fokus pada ketahanan pangan.

Pimpinan TNI, termasuk Korem 012/TU, aktif mendukung upaya ini dengan mengembangkan lahan tidur seluas 51 hektar menggunakan konsep integrated farming system untuk mendukung program ketahanan pangan nasional. Korem 012/TU juga telah mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, lembaga, instansi, dan kementerian pertanian. Korem 012/TU baru-baru ini meraih penghargaan sebagai “Ketahanan Pangan Terfavorit TNI-AD.”

Food Estate Festival adalah bagian dari upaya mendukung ketahanan pangan nasional, reformasi birokrasi dalam pelayanan publik, dan pengembangan ekonomi lokal. Tujuan acara ini adalah untuk mengedukasi masyarakat tentang pemanfaatan lahan tidur untuk pertanian, peternakan, dan perikanan.

Pj. Gubernur Aceh yang diwakili oleh Kepala Dinas Peternakan Aceh, Zulsufran, S.T. M.Si, mengapresiasi peran TNI-AD dalam mendukung program ketahanan pangan di Aceh. Diharapkan, dukungan ini dapat mendorong gairah sektor pertanian dan meningkatkan produktivitas pertanian lokal.

Pembukaan Food Estate Festival Korem 012/TU ditandai dengan seremoni penabuhan rapai oleh Danrem 012/TU bersama-sama para Pj. Bupati, menciptakan momen sinergi dan bersejarah. Ini menandai dimulainya festival dan diharapkan memberikan dampak positif.

Acara berlanjut dengan serangkaian kegiatan, termasuk Opening Art Tari Kreasi oleh sanggar Meusaho art, Talk Show Ketahanan Pangan, Pemberian cinderamata oleh Danrem 012/TU kepada Moderator Talk Show Ketahanan Pangan, Agri Award, dan Talent Performance.

Selama acara berlangsung, masyarakat dan pengunjung mematuhi aturan syariat Islam serta adat istiadat Aceh dengan memisahkan tempat untuk pengunjung laki-laki dan perempuan yang telah disediakan oleh panitia. Ini sesuai dengan prinsip syari’at Islam yang berlaku di Provinsi Aceh, khususnya di Kabupaten Aceh Barat.

Food Estate Festival berlangsung dari tanggal 21 hingga 25 November 2023, di lapangan Teuku Umar Meulaboh, Aceh Barat. Kegiatan menarik seperti talk show dan pameran tentang ketahanan pangan, UMKM, kuliner lokal, galeri Food Estate Korem 012/TU, pangan murah, coffee truck, penampilan artis lokal, panggung seni & budaya, kompetisi band, barsela idol, kompetisi tari kreasi, lomba inovasi pangan, Agri Award, zikir & doa bersama, serta santunan anak yatim disajikan.

Food Estate Korem 012/Teuku Umar diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi daerah lain, khususnya di wilayah Barat-Selatan Aceh, untuk mengadopsi model pertanian berkelanjutan dan berkontribusi pada peningkatan ekonomi daerah. (#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *