Babinsa Dukung Ketahanan Pangan, Sukses Panen Bawang Merah Melalui Urban Farming

KAROnesia.com, Tigaraksa – Babinsa Serma Saefudin terlibat aktif membantu saat panen bawang bersama Poktani Oceh2 di Kebun jahe RT 004/011, Desa Pangkalan.l. Kab Tigaraksa, Rabu (10/07/2024). Langkah ini merupakan bagian dari upaya Babinsa dalam meningkatkan ketahanan pangan di wilayah tersebut.

Di lokasi yang berbeda, Danramil 01/Teluknaga, Mayor Inf Heru Susanto, menyampaikan bahwa, ini merupakan salah satu peran Babinsa dalam mendukung urban farming untuk memaksimalkan potensi lahan sempit dan lahan tidur dengan tujuan memperoleh hasil pertanian yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Pada saat ini, berbagai jenis tanaman sayuran ditanam seperti, cabai rawit, kangkung, Bayam, Seasin dan bawang merah. Tanaman cabai dan kangkung ditanam di sekitar Koramil dengan pengawasan langsung dari anggota Koramil setempat.

Baca Juga :  Bersihkan Areal TPU Kp Bendungan, Dansatgas: Bersahabat Dengan Alam

“Lahan tidur, diaktifkan melalui pembentukan kelompok tani yang dikoordinasi oleh Babinsa setempat, dengan tujuan utama memberdayakan lahan tersebut demi kesejahteraan masyarakat.” kata Danramil.

Mayor Inf Heru Susanto, juga mengapresiasi peran aktif Serma Saefudin dalam mendukung program urban farming di wilayah Pangkalan. Menurutnya, kolaborasi antara Babinsa dan masyarakat dalam mengelola lahan tidur sangat penting untuk meningkatkan ketahanan pangan lokal dan mengurangi ketergantungan terhadap pasokan luar.(@lingga_2024)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *